Home » 2017 » March » 29 » Syiar-syiar Pancasila di Bukit Kasih
7:06 PM
Syiar-syiar Pancasila di Bukit Kasih

Bukit Kasih yang terletak di Desa Kanonang, Minahasa, Manado, Sulewesi Utara ini adalah salah satu obyek wisata unik yang mengandung syiar-syiar Pancasila di dalamnya. Apa yang disuguhkan objek wisata ini sangat sejalan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika dan budaya Indonesia yang cinta damai dan penuh toleransi. Entah bagaimana awal kisah dan sejarah dibangunnya objek wisata ini, tapi yang pasti ini dapat menjadi sarana edukasi yang baik untuk masyarakat Indonesia tentang jati bangsanya yang tumbuh di atas nilai-nilai saling hormat menghormati hak dan kemerdekaan setiap orang untuk hidup menurut keyakinan dan tradisinya masing-masing.

Di Bukit Kasih ini berdiri lima tempat ibadah dari kelima agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia. Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Budha. Kelima tempat ibadah tersebut dibangun saling berdampingan satu sama lainnya di atas sebuah bukit. Selain itu, di obyek wisata Bukit Kasih ini juga terdapat sebuah tugu yang sengaja dibangun sebagi sebuah simbol toleransi antar umat beragama yang ada di negeri ini. Tugu tersebut diberi nama Tugu Toleransi. Dimana di masing-masing sisi dari Tugu Toleransi tersebut terdapat simbol serta kutipan ayat dari kitab suci masing-masing agama.

Obyek-obyek wisata seperti Bukit Kasih ini tentu diharapkan dapat tumbuh berkembang untuk mengambil bagian dalam gerakan nation character building. Edukasi terhadap masyarakat Indonesia tentang ideologi bangsanya tentu harus menjadi sebuah gerakan masif yang terus menerus berjalan agar nilai-nilai keindonesiaan kita benar-benar tertanam kuat di dalam jiwa setiap rakyat Indonesia. Karena kita tahu bahwa kehebatan dan kedahsyatan bangsa ini hanya akan lahir ketika kita benar-benar hidup menurut jati diri kita. Ketika kita dapat benar-benar hidup secara utuh dalam nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, ketika itulah segala apa yang menjadi cita-cita bangsa ini akan benar-benar terwujud.

Category: Kearifan Indonesia | Views: 214 | Added by: nasionalisme[dot]id | Tags: Pancasila, Bukit Kasih, Kearifan Indonesia, Toleransi, Bhinneka Tunggal Ika | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar