Home » 2017 » September » 4 » SEMANGAT PROKLAMASI YANG TIDAK AKAN PERNAH PADAM!
1:06 PM
SEMANGAT PROKLAMASI YANG TIDAK AKAN PERNAH PADAM!

 

Fajar kini sudah mulai menyingsing! Kegembiraan hati untuk menerima khotbahnya propaganda nasional Indonesia sudahlah terbangunkan dimana-mana. Dan walaupun majunya semangat nasional Indonesia itu dirintang-rintangi oleh pihak yang merasa rugi diri oleh karenanya, walaupun ia mendapat antipropaganda yang keras dari pada pihak yang merasa terancam kepentingannya, maka tak dapat tertahanlah ia dalam bangkit dan geraknya. Semangat tidaklah dapat mati; semangat tidaklah dapat dipadamkan. Dan kita, kaum nasional Indonesia, yang melihat dan ikut merasai majunya semangat ini, kita menjadi berbesar hati oleh karenanya. Kita berjalan terus, dengan tidak mundur selangkah, tidak berkisar sejari. Kita percaya bahwa satu kali pastilah datang saatnya, yang kita punya maksud akan tercapai.

Bung Karno: Suluh Indonesia Muda 1928

Wahai saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, mari kita jaga semangat proklamasi dari dalam dada kita, jangan sampai padam! Karena itulah yang diserukan oleh bung Karno. Bangsa Indonesia ini butuh orang-orang yang punya semangat yang berkobar- kobar di dalam dada. Jagalah semangat akan Nasionalisme Indonesia kita jangan sampai padam.

Semangat Proklamasi 17-08-1945 yang haru berkobar terus adalah:

1. Mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia

2. Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa, tanpa mengecualikan satu golonganpun

3. Mewujudkan Indonesia yang Adil dan Makmur

Inilah yang menjadi tugas generasi penerus bangsa Indonesia, kita selaku generasi penerus bangsa harus dapat mewujudkan kehidupan yang di kehendaki oleh Tuhan Yang Maha Esa, dan juga para pendiri bangsa kita. Kehidupan yang seperti apakah yang dimaksudkan? yaitu kehidupan yang seperti tiga point semangat proklamasi di atas, memang seolah-olah itu tidak mungkin diwujudkan dengan keadaan kondisi bangsa seperti sekarang ini. Tapi saya katakan kepada diri saya sendiri dan juga kepada para pembaca yang baik hatinya, tidak!! jangan sekali-kali kita ragu akan kemaha kuasaan dari Tuhan Yang Maha Esa dan juga Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, karena bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang sangat percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada yang tidak dapat mungkin diwujudkan apabila di dalam hati kita kita niatkan untuk kebaikan seluruh umat manusia dan juga untuk seluruh alam semesta ini, dan Tuhan Yang Maha Esa sangat suka sekali dengan orang-orang yang bekerja dan berjuangnya di dasari dengan keyakinan kepada Tuhan.

Bangsa Indonesia adalah satu bangsa yang memiliki keyakinan besar kepada Tuhan Yang Maha Esa, bukti-bukti yang kuat karena bangsa kita terdiri dari 6 keyakinan besar yang diakui oleh pemerintah seperti: Islam, Hindu, Budha, Kristen Protestan, Katolik, Konghucu dan ada juga 20 keyakinan lokal bangsa Indonesia seperti Kejawen, Sunda Wiwitan, Kaharingan, Wetu Telu dll, inilah bukti bahw bangsa kita adalah bangsa yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dan dari kepercayaan itulah maka bangsa Indonesia mewujudkan bagaimana kita dalam keseharian berbangsa dan bernegara mewujdukan kehidupan saling hormat dan menghormati nilai-nilai perikemanusiaan yang adil dan beradab, jangan sampai kita sesama mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, saling membuat kerusakan dan menciptakan perpecah-belahan di atas muka bumi ini. Semangat  Proklamasi 17 Agustus 1945 bukanlah semangat yang tidak ada dasarnya, karena sesungguhnya semangat itu di dasari oleh Amanat Penderitaan Rakyat (AMPERA) yang sudah mendarah dan mendaging di dalam setiap kalbunya bangsa Indonesia. kenapa saya bilang mendarah dan mendaging? jawabannya adalah tidak ada satu manusia di atas muka bumi ini yang mau disakiti, tidak ada satu manusia di muka bumi ini yang mau di tindas dan di jolimi setiap hak-hak nya sebagai manusia. Inilah yang mendasari bahwa semangat Proklamasi adalah mewujudkan kehidupan yang sangat di dambakan oleh seluruh masyarakat bangda Indoensia dan juga oleh seluruh umat manusia.

Oleh karena itulah para pendiri bangsa kita tidak henti-hentinya membakar semangat para generasi penerus bangsa ini, jangan sampai lupa akan semangat Proklamasi dan juga Amanat Penderitaan Rakyat, kobarkanlah semangat di dalam sanubari dirimu wahai saudara-saudara sebangsa setanah air, mari kita lanjutkan perjuangan bangsa Indonesia yang belum selesai ini, mari kita lanjutkan Revolusi yang belum selesai ini. Tetap semangat dan jangan berkecil hati, karena sesungguhnya Tuhan beserta kita semua, Allah Swt, akan selalu menjaga bangsa kita dari segala perpecah-belahan yang menyebabkan kita akan menjadi bangsa yang hancur dan lebur.

Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 68 | Added by: semesta580 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar