Home » Sejarah Indonesia

<<<sebelumnya.....
89. Sebagaimana yang Bung Karno sampaikan dalam kalimat penutup pembacaan Proklamasi, maka dengan Proklamasi itu menjadilah bangsa Indonesia sebagai sebuah bangsa yang merdeka. Terlepas sudah segala ikatan yang mengikatnya. Baik kepada kerajaan Belanda maupun kepada kekaisaran Jepang. Dan bangsa yang baru lahir ini kemudian disebut dengan sebutan Republik Indonesia. Sebutan Republik Indonesia ini adalah konsekuensi langsung dari lahirnya kedaulatan rakyat Indonesia yang selama ini terjajah. Tentang hal ini telah dimaklumkan dan disepakati juga dalam sidang BPUPKI.


90. Kemerdekaan Indonesia yang telah melahirkan kedaulatan rakyat yang bernama Republik Indonesia inilah yang kemudian harus didirikan baginya sebuah negara yang sepenuhnya berkedaulatan rakyat. Dan negara yang akan menjadi rumah bagi seluruh rakyat Indonesia itu haruslah benar-benar sejalan dengan cita-cita kemerdekaan dan senada dengan semangat dari pada Proklamasi 17 Agustus 1945.

... Read more »

Category: Sejarah Indonesia | Views: 66 | Added by: nasionalisme[dot]id | Date: 2017-06-23 | Comments (0)

1. Terdapat 4 fase penting dalam kejadian bangsa Indonesia yang harus kita pahami dengan baik. Yaitu: terbentuknya BANGSA Indonesia, tercapaianya KEMERDEKAAN Indonesia, berdirinya NEGARA Indonesia dan terformulasikannya NASIONALISME Indonesia.

2. Pentingnya memahami 4 fase penting dalam kejadian bangsa Indonesia ini adalah agar kita mengetahui dengan benar nilai-nilai dan prinsip-prinsip apa yang sebenarnya menjadi landasan terbentuknya bangsa, yang menjadi spirit perjuangan bangsa, yang menjadi acuan dalam membentuk dan mendirikan Negara Indonesia ini serta agar kita mengetahui dengan benar arah dan tujuan dari pada bangsa Indonesia itu.

3. Bagi kita putera-puteri dan generasi penerus bangsa, memahami dengan sebaik-baiknya sejarah Indonesia itu adalah sebuah keharusan. Karena pemahaman yang benar akan sejarah bangsa Indonesia akan sangat berpengaruh kepada bentuk sikap dan karakter kita sebagai anak bangsa serta berpengaruh kepada daya dan bentuk sumbangsih kita bagi bangsa ini. Pemahaman sejarah yang baik akan membentuk kepribadian yang selaras dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai luhur babanga.

... Read more »
Category: Sejarah Indonesia | Views: 110 | Added by: nasionalisme[dot]id | Date: 2017-06-23 | Comments (0)

Peristiwa G30S[3] merupakan salah satu peristiwa sejarah yang paling sering disinggung untuk diluruskan sejarah. Salah satu alasannya adalah peristiwa ini selalu dikaitkan dengan proses naiknya Soeharto menjadi Presiden menggantikan Sukarno. Dan, setelah ia turun jabatan berbagai tuntutan untuk meluruskan sejarah G30S bermunculan. Salah satunya muncul dari para korban politik sang Jenderal Besar semasa berkuasa. Ada tiga alasan yang bisa melatarbelakangi tuntutan tersebut. Pertama, mereka memang ingin meluruskan apa yang sebenarnya terjadi disekitar peristiwa G30S. Kedua, mereka ingin membersihkan nama baik mereka dari stigma-stigma pemberian Orde Baru. Ketiga, mereka yang sakit hati terhadap Soeharto, kemudian ingin “balas dendam” dengan membuka ... Read more »

Category: Sejarah Indonesia | Views: 479 | Added by: edys | Date: 2016-08-13 | Comments (0)

Kisah peradaban Nusantara ini memanglah sebuah kisah yang masih diliputi tabir misteri. Kisah-kisah dan cerita-cerita yang disuguhkan di bangku-bangku pendidikan benar-benar tidak dapat memuaskan kita tentang seperti apakah kisah nenek-moyang kita yang sebenarnya.  Tidak sedikit tentu masyarakat Indonesia yang menunggu terungkapnya cerita tentang peradaban di bumi Nusantara ini. Menunggu tergenapinya potongan-potongan kisah yang masih menjadi sebuah misteri besar selama ini. Tidak sedikit pula kajian-kajian dari berbagai pihak yang terus berusaha mengukap tabir-tabir tersebut. Dan tentu upaya-upaya tersebut amatlah besar artinya bagai peradaban Indonesia ke dapan. Karena kita harus terhubung dengan baik dengan jati diri kita. Dan melalui sejarah yang benarlah kita menjadi tahu bangsa seperti apakah kita ini.

Artikel dibawah ini adalah artikel yang ditulis oleh St Eko Sulistiyono and Ahmad Fauzi, artikel dari sebuah blog https://ahmadsamantho.wordpress.com. Sangat menarik untuk melengkapi kajian kita tentang peradaban Nusantara.


Dengan adanya peta yang diciptakan oleh Ptolomeus dari Yunani (Ptolemy adalah sebuah marga blasteran Yunani-Mesir pada zaman pasca Alexander) pada tahun 150 Masehi, saya yakin bahwa ada manuskrip-manuskrip selain dari orang India yang menceritakan sebuah kepulauan yang mempunyai banyak sumber daya alamnya. Di antaranya a ... Read more »

Category: Sejarah Indonesia | Views: 529 | Added by: edys | Date: 2016-08-13 | Comments (0)

Pengertian Masa Prasejarah
Zaman prasejarah adalah suatu pembabakan dalam periode sejarah yang berlangsung cukup lama.  Ditandai dengan belum ditemukanya salah satu peradapan manusia berupa keterangan tertulis atau zaman manusia belum mengenal tulisan dan di periode ini ditandai dengan cara hidup berburu  dan memungut bahan makanan yang tersedia di alam atau disebut zaman paleolithikum atau zaman batu tua. Ciri masyarakat pada zaman ini adalah hidup sebagai masyarakat primitif. Kehidupan masyarakatnya masih memenuhi kebutuhan hidupnya pada kebutuhan kebutuhan yang paling dasar atau pokok.
 
Pembabakan Masa Prasejarah Indonesia
  1. Peranan para arkeolog dan paleantolog
    ... Read more »
Category: Sejarah Indonesia | Views: 4210 | Added by: edys | Date: 2015-02-01 | Comments (0)