Home » 2015 » June » 1 » SANGKUT-PAUT ANTARA PROKLAMASI DAN DEKLARASI KEMERDEKAAN
5:31 PM
SANGKUT-PAUT ANTARA PROKLAMASI DAN DEKLARASI KEMERDEKAAN

Secara sederhana kedwitunggalan Proklamasi dan Deklarasi dapatlah kita gambarkan dalam kesimpulan bahwa Proklamasi-lah yang telah memberikan kepada kita kemerdekaan dan Deklarasi-lah yang menuntun kita untuk mengisi kemerdekaan tersebut. Proklamasi-lah yang telah memberikan kita ruang terbuka untuk kita mendirikan sebuah bangunan padanya dan Deklarasi-lah yang memandu kita dalam mendirikan bangunan tersebut. Proklamasi-lah yang memberi kita kanvas putih untuk kita lukis dengan indah dan Deklarasi-lah yang mengarahkan kita untuk menghasilkan lukisan yang indah tersebut. Proklamasi-lah yang telah memberi kita jalan menuju apa yang kita cita-citakan dan Deklarasi-lah yang membimbing kita untuk mewujudkan apa yang kita cita-citakan tersebut.

Melalui apa yang disampaikan oleh Bung Karno berikut ini kita dapat sekali lagi melihat dan memahami kedwitunggalan dari Proklamasi dan Deklarasi Kemerdekaan.

“Sekali lagi, semua kita, terutama sekali semua pemimpin-pemimpin, harus menyadari sangkut-paut antara Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar ’45:

Kemerdekaan untuk “bersatu”
Kemerdekaan untuk “berdaulat”
Kemerdekaan untuk “adil dan makmur”
Kemerdekaan untuk “memajukan kesejahteraan umum”
Kemerdekaan untuk “mencerdaskan kehidupan bangsa”
Kemerdekaan untuk “ketertiban dunia”
Kemerdekaan untuk “perdamaian abadi”
Kemerdekaan untuk “keadilan sosial”
Kemerdekaan yang “berkedaulatan rakyat”
Kemerdekaan yang “berke-Tuhanan Yang Maha-Esa”
Kemerdekaan yang “berkemanusiaan yang adil dan beradab”
Kemerdekaan yang berdasarkan “persatuan Indonesia”
Kemerdekaan yang berdasarkan “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat-kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”
Kemerdekaan yang “mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”

semua ini tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar ’45, anak-kandung atau saudara-kembar daripada Proklamasi 17 Agustus ’45.”  ~ Bung Karno

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 385 | Added by: GitaMerdeka | Tags: Proklamasi, Deklarasi, Dwitunggal | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar