Home » Belajar Dari Bung Karno

Bapak Pemimpin Besar Revolusi Indonesia Bung Karno. Pernah menyampaikan kepada kita semua selaku generasi penerus bangsa Indonesia, bahwa perjuangan banga Indonesia dalam mewujudkan kehidupan yang tertib di dunia ini harus di dasarkan kepada 3 hal penting yaitu: Kemerdekaan, Perdamaian Abadi, Keadilan Sosial. Tiga dasar penting itulah yang harus kita wujudkan di dunia ini, karena ketika setiap bangsa-bangsa yang ada di dunia ini tidak menghormati kemerdekaan bangsa lain, tidak menghormati kehidupan yang damai bagi bangsa-bangsa lain, dan tidak memperlakukan keadilan sosial bagi bangsa-bangsa lain maka, sudah dapat dipastikan kehidupan yang tertib/aman tidak akan pernah terwujud. Oleh karena itulah Bapak Pemimpin Besar Revolusi Indonesia Bung Karno, mengingatkan dengan sangat hati-hati kepada kita semua bahwa Revolusi Indonesia BELUM SELESAI. Kenapa dikatakan belum selesai ?. inilah pertanyaan yang harus kita pahami bersama. Bahwa Revolusi Indonesia bukan hanya sekedar mengusir penjajah dari buminya Indonesia saja, akan tetapi Revolusi Indonesia memiliki 3 pakem yaitu:

Mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Mewujdukan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur

Mewujudkan persaudaraan bangsa-bangsa di dunia ini dan menghapuskan cara berpikir yang masih meninggikan imperealisme dan kolonialisme d ... Read more »

Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 355 | Added by: semesta580 | Date: 2018-06-29 | Comments (0)

Berbicara proklamasi kemerdekaan Indonesia bukan hanya sepenggal teks yang kita biasa dengar dan biasa kita baca pada saat HUT RI, dan bukan hanya secarik teks yang tidak memiliki makna, melainkan di balik proklamasi 17-08-1945/ proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia itu memiliki makna yang sangat luar biasa. Ada ajaran yang sangat luar biasa pentingnya di dalam Proklamasi 17-08-1945, inilah ajaran yang harus sama-sama kita pahami sebagai generasi bangsa Indonesia, karena kalau kita tidak mengetahuinya dengan baik, maka sudah dapat dipastikan bagaimana jadinya bangsa Indonesia ini nanti kalau seluruh generasi penerus bangsanya tidak benar-benar memahami dengan baik. 

Oleh karena itu melalui tulisan yang singkat ini mari kita bersama-sama memahami "Siapa kita sebagai sebuah bangsa dan mau kemana kita sebagai sebuah bangsa". inilah teks Proklamasi yang dibacakan oleh Bapak pendiri bangsa kita Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta.

P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diseleng ... Read more »

Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 550 | Added by: semesta580 | Date: 2017-09-28 | Comments (0)

"Kebenaran adalah pada kita, keadilan adalah pada kita, pekerti adalah pada kita, dan hukum Tuhan yang lebih tinggi dari pada hukum manusia, adalah membenarkan kita punya tindakan". Keyakinan yang demikian inilah yang memberi kekuatan batin pada kita, memberi kekuatan tindakan pada kita, memberi kekuatan bersenyum pada kita, pada saat rintangan sekeras-kerasnya. (Bung Karno: Suluh Indonesia Muda 1928). 

Dari kutipan di atas, saya memahami bahwa dalam segala hal yang kita lakukan untuk kemaslahatan orang banyak semuanya berawal dari kita, ketika kita menyadari bahwa diciptakannya kita oleh Tuhan YME tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjadi pribadi-pribadi yang mewujudkan nilai-nilai kebaikan yang sudah Tuhan tanamkan di dalam diri kita atau di hati kita masing-masing.

Itulah sebabnya bangsa kita selama meng ... Read more »

Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 388 | Added by: semesta580 | Date: 2017-09-08 | Comments (0)

 

Fajar kini sudah mulai menyingsing! Kegembiraan hati untuk menerima khotbahnya propaganda nasional Indonesia sudahlah terbangunkan dimana-mana. Dan walaupun majunya semangat nasional Indonesia itu dirintang-rintangi oleh pihak yang merasa rugi diri oleh karenanya, walaupun ia mendapat antipropaganda yang keras dari pada pihak yang merasa terancam kepentingannya, maka tak dapat tertahanlah ia dalam bangkit dan geraknya. Semangat tidaklah dapat mati; semangat tidaklah dapat dipadamkan. Dan kita, kaum nasional Indonesia, yang melihat dan ikut merasai majunya semangat ini, kita menjadi berbesar hati oleh karenanya. Kita berjalan terus, dengan tidak mundur selangkah, tidak berkisar sejari. Kita percaya bahwa satu kali pastilah datang saatnya, yang kita punya maksud akan tercapai.

Bung Karno: Suluh Indonesia Muda 1928

Wahai saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, mari kita jaga semangat proklamasi dari dalam dada kita, jangan sampai padam! Karena itulah yang diserukan ... Read more »

Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 412 | Added by: semesta580 | Date: 2017-09-04 | Comments (0)

Janganlah kita sesama manusia tidak menghargai manusia yang lain, janganlah suatu kelompok tidak menghargai kelompok lain, janganlah suatu golongan tidak menghargai golongan yang lain, dan janganlah suatu keyakinan tidak menghargai keyakinan yang lain, karena sesungguhnya Tuhan mengajarkan kepadkita semua tentang KEMERDEKAAN dan dengan saling menghormati kemerdekaan setiap itu semua maka kita sedang mengaplikasikan ajaran KASIH SAYANG.

Maka hiduplah di dalam NAMA ALLAH YANG PENGASIH DAN PENYAYANG. Tuhan mengajarkan tentang kasih sayang, dan di dalam kasih sayang itu ada ajaran kemerdekaan. Inilah yang sudah Tuhan karuniakan kepada bangsa Indonesia ajaran kasih sayang kepada sesama umat manusia dan kepada seluruh semesta alam. Mari kita jaga "keagungan" dan "kesucian" nama Tuhan, yang saat ini sudah dikotori oleh orang2 yang mengaku beriman kepada Tuhan tetapi akhlaknya tidak mencerminkan ajaran KASIH SAYANG.

... Read more »
Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 393 | Added by: semesta580 | Date: 2017-08-25 | Comments (0)

1 2 3 4 »