Home » Ragam Agama Indonesia

Sunda Wiwitan adalah agama atau kepercayaan pemujaan terhadap kekuatan alam dan arwah leluhur (animisme dan dinamisme) yang dianut oleh masyarakat tradisional Sunda.[1] Akan tetapi ada sementara pihak yang berpendapat bahwa Agama Sunda Wiwitan juga memiliki unsur monoteisme purba, yaitu di atas para dewata dan hyang dalam pantheonnya terdapat dewa tunggal tertinggi maha kuasa yang tak berwujud yang disebut Sang Hyang Kersa yang disamakan dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Penganut ajaran ini dapat ditemukan di beberapa desa di provinsi Banten dan Jawa Barat, seperti di Kanekes, Lebak, Banten; Ciptagelar Kasepuhan Banten Kidul, Cisolok, Sukabumi; Kampung Naga; Cirebon; dan Cigugur, Kuningan. Menurut penganutnya, Sunda Wiwitan merupakan kepercayaan yang dianut sejak lama oleh orang Sunda sebelum datangnya ajaran Hindu dan Islam.

Ajaran Sunda Wiwitan terkandung dalam kitab Sanghyang siksakanda ng karesian, sebuah kitab yang berasal dari zaman kerajaan Sunda yang berisi ajaran keagamaan d ... Read more »

Category: Ragam Agama Indonesia | Views: 2891 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-11-30 | Comments (0)

Agama Djawa Sunda Agama Djawa Sunda lahir pada tahun 1848 di Gebang, Cirebon Timur. Pendiri ADS adalah Pangeran Sadewa Madrais Kusuma Wijaya Ningrat. Ia merupakan putra dari Pangeran Alibassa I, Sultan dari Kasultanan Gebang. ADS seringkali disebut juga sebagai Madraisme mengingat pendirinya yang bernama Madrais. Agama ini kemudian berkembang cukup pesat di daerah Cigugur, Kuningan. Penganutnya tersebar luas di berbagai daerah di Jawa Barat. Sekitar tahun 1940-an, tercatat bahwa anggota ADS mencapai sekitar 60.000 orang, sebelum akhirnya ADS ini dibubarkan karena dianggap melawan pemerintah kolonial. Selanjutnya, di tahun 1960-an sebagian besar anggota ADS masuk ke dalam Gereja Katolik.

Istilah “Djawa” dan “Sunda” dalam ADS tidak ada kaitannya sama sekali dengan identitas pulau atau ke-suku-an Jawa dan Sunda. Semboyan utama dari ADS adalah “andjawat lan andjawab roh susun-susun kang den tunda”. Dengan semboyan tersebut, frase “Djawa Sunda” dapat dijelaskan ... Read more »

Category: Ragam Agama Indonesia | Views: 635 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-11-21 | Comments (0)