Home » 2017 » September » 28 » PROKLAMASI KEMERDEKAAN 17-08-1945 DAN DEKLARASI KEMERDEKAAN/PEMBUKAAN UUD1945
12:15 PM
PROKLAMASI KEMERDEKAAN 17-08-1945 DAN DEKLARASI KEMERDEKAAN/PEMBUKAAN UUD1945

Berbicara proklamasi kemerdekaan Indonesia bukan hanya sepenggal teks yang kita biasa dengar dan biasa kita baca pada saat HUT RI, dan bukan hanya secarik teks yang tidak memiliki makna, melainkan di balik proklamasi 17-08-1945/ proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia itu memiliki makna yang sangat luar biasa. Ada ajaran yang sangat luar biasa pentingnya di dalam Proklamasi 17-08-1945, inilah ajaran yang harus sama-sama kita pahami sebagai generasi bangsa Indonesia, karena kalau kita tidak mengetahuinya dengan baik, maka sudah dapat dipastikan bagaimana jadinya bangsa Indonesia ini nanti kalau seluruh generasi penerus bangsanya tidak benar-benar memahami dengan baik. 

Oleh karena itu melalui tulisan yang singkat ini mari kita bersama-sama memahami "Siapa kita sebagai sebuah bangsa dan mau kemana kita sebagai sebuah bangsa". inilah teks Proklamasi yang dibacakan oleh Bapak pendiri bangsa kita Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta.

P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

Ada beberapa hal-hal yang sangat penting yang harus kita pahami dari pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17-08-1945 diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita terbebas dari pemerintahan kolonial Belanda yang waktu itu di pimpin oleh Seorang Ratu Belanda
  2. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita menyatakan bahwa kita berdaulat sebagai sebuah bangsa yang baru merdeka dan kedaulatan kita di pegang oleh rakyat
  3. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita membentuk sebuah pemerintahan yang dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat atau bentuk negara kita adalah Republik Indonesia bukan lagi berbentuk kerajaan atau kekaisaran
  4. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita menyatakan bahwa kita adalah bangsa yang berlepas diri dari konsep imperealisme dan kolonialisme dan kita adalah bangsa yang menjunjung tinggi “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia haru dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan”
  5. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita menyatakan bahwa kita bukanlah bangsa koloni dari satu bangsa manapun dan kita bukanlah  bangsa kolonial
  6. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita menyatakan INDONESIA MERDEKA
  7. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita memiliki kesempatan untuk menjadi bangsa yang “BERDIKARI” yaitu suatu bangsa yang berdiri di atas kaki sendiri, kita memiliki kesempatan untuk menjadi bangsa yang mandiri secara politik, ekonomi dan budaya.
  8. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita menyatakan bahwa BANGSA + TANAH AIR + PROKLAMASI 17-08-1945 berarti INDONESIA SUDAH MERDEKAAA!!
  9. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita memiliki keyakinan akan kemerdekaan/kepahaman akan kemerdekaan, yang kepahaman kemerdekaan kita ini termaktub di dalam deklarasi kemerdekaan “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia haru dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan”
  10. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita memiliki visi kemerdekaan atau arah perjuangan kemerdekaan kita yaitu ingin mendirikan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur
  11. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita menyatakan bahwa kemerdekaan bangsa kita adalah atas berkat Rahmat Allah/Tuhan Yang Maha Kuasa, dan juga dengan didorong oleh keinginan luhur dari seluruh bangsa Indonesia yang ingin merdeka, inilah pernyataan kemerdekaan kita yang mengacu kepada PROKLAMASI 17-08-1945
  12. Dengan pernyataan proklamasi berarti kita punya cara untuk menyelenggarakan kemerdekaan kita yaitu dengan cara membangun Negara/NKRI yang berdasarkan PANCASILA

 

Inilah isi proklamasi yang merupakan dasar hukum dari segala sumber hukum yang ada di bangsa kita, bahwa isi proklamasi secara detail atau secara jelasnya ada di dalam deklarasi kemerdekaan bangsa kita atau yang biasa kita kenal di dalam pembukaan UUD1945, Deklarasi kemerdekaan Indonesia di sebut juga sebagai anak kandungnya proklamasi 17-08-1945, Proklamasi  adalah ajaran kemerdekaan dan ajaran kasih-sayang, yang ingin mengajarkan kepada kita seluruh bangsa Indonesia bagaimana kita sebagai sebuah bangsa dapat hidup rukun, damai, harmonis, dan saling berbuat kebaikan kepada siapa saja yang ada di dalam bangsa Indonesia ini.

Inilah jati diri bangsa kita yang mengakar dari sebuah prinsip akan KEMERDEKAAN, inilah kepribadiannya bangsa Indonesia, yang dari prinsip inilah kita ingin membangun sebuah bangsa yang dapat mewujudkan kehidupan di dalam bangsa kita yaitu kehidupan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Dan selain kita ingin mewujudkan kehidupan di NKRI yang seperti itu, kita juga punya tanggung jawab yang besar yaitu ingin mewujudkan kehidupan yang damai dan bersaudara di dunia ini, inilah yang juga dijelaskan di dalam DEKLARASI KEMERDEKAAN bangsa kita, yaitu kita ingin menciptakan dasar-dasar ketertiban dunia yang berdasarkan KEMERDEKAAN, PERDAMAIAN ABADI, DAN KEADILAN SOSIAL. Ketika seluruh bangsa-bangsa yang ada di dunia ini mau saling menghormati Kemerdekaan bangsa lain maka akan terciptalah kehidupan yang damai dan tidak ada lagi peperangan dan penindasan kepada bangsa-bangsa yang ada di dunia ini.

Ketika seluruh bangsa-bangsa yang ada di dunia ini saling menjunjung tinggi perdamaian yang abadi yaitu sepakat untuk menciptakan kehidupan di dunia ini untuk damai abadi, maka kehidupan di dunia ini akan terciptalah kehidupan yang aman, damai, nyaman dan tentram. Tidak ada lagi peperangan di muka bumi ini dan seluruh bangsa-bangsa yang ada di dunia bersepakat untuk bersaudara tanpa melihat perbedaan apapun.

Ketika seluruh bangsa-bangsa yang ada di dunia ini bersepakat untuk menciptakan keadilan sosial maka seluruh bangsa-bangsa yang ada di dunia ini akan dapat menjalankan kehidupan yang adil dan beradab. Adil bukan hanya untuk bangsanya sendiri melainkan adil untuk seluruh bangsa-bangsa lain dan tidak adalagi hak Veto atau hak kekuasaan bagi bangsa-bangsa yang merasa super power atau bangsa yang merasa kuat.

 

Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 71 | Added by: semesta580 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar