Home » 2017 » August » 18 » PERSATUAN DAN KESATUAN ADALAH KUNCI INDONESIA JAYA
7:33 PM
PERSATUAN DAN KESATUAN ADALAH KUNCI INDONESIA JAYA

Persatuan itu adalah fitrah yang telah Tuhan kehendaki kepada seluruh umat manusia. Ketika ada persatuan dalam suatu umat maka umat tersebut akan menjadi umat yang kuat dan besar. Berbicara persatuan bukan hanya bicara penyeragaman, akan tetapi bicara bersatu dalam keberagaman.

Ketika semua orang menyadari sebagai mahluk individu maka kita punya hak untuk hidup sebagai individu yang merdeka, dan ketika setiap individu menyadari sebagai mahluk sosial maka kita harus dapat hidup bersama dalam keberagaman dan kita harus dapat saling hormat dan menghormati kemerdekaan orang lain. Karena kita tidak dapat hidup sendirian di muka bumi ini yang begitu luas, kita butuh orang lain untuk hidup bersama. Bahkan pakaian yang kita pakai saja ini dibuat oleh orang lain, tidak mungkin kita melakukan sendiri untuk membuatnya. Itulah bukti bahwa kita hadalah mahluk sosial dan kita membutuhkan orang lain.

Persatuan bangsa kita begitu kuat sebelum datangnya zaman imperealisme dan kolonialisme, budaya gotong-royong yang sudah mendarah daging di dalam kalbunya bangsa Indonesia itu adalah suatu bukti bahwa kita adalah bangsa yang menjunjung tinggi persatuan di dalam keberagaman. Adanya semangat gotong-royong tentu saja tidak bisa tercipta begitu saja kalau tidak ada semangat hidup di dalam keberagaman. Itulah yang disebut dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, kita memandang bahwa setiap kita yang berbeda-beda sukunya,adat istiadatnya, asal bangsanya, dan juga berbeda keyakinanya, tetapi kita tetap satu jua yaitu bangsa Indonesia.

semangat persatuan inilah yang membuat kita bergotong-royong dalam kehidupan ini. Sehingga pada saat kita dijajah oleh bangsa asing, kita bersepakat untuk bersatu tanpa melihat perbedaan. Semangat persatuan itulah yang akhirnya membawa kita pada kesadaran akan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yaitu  Indonesia. Sumpah Pemuda yang telah kita sepakati bersama akhirnya menghantarkan kita pada perjuangan/pergerakan nasional Indonesia yang akhirnya menghantarkan kita kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Akan tetapi perjuangan yang telah membuahkan kemerdekaan itu belumlah benar-benar selesai. Karena kemerdekaan yang telah kita perjuangkan itu barulah menghantarkan kita "kedepan pintu gerbang kemerdekaan". Tugas kita selanjutnya adalah bagaimana kita dapat mewujudkan kesatuan.

Kesatuan adalah merupakan cita-cita bangsa Indonesia demi mewujudkan kehidupan yang Adil dan makmur. Tanpa kesatuan di dalam keberagaman maka kita tidak dapat mewujudkan kehidupan di dalam bangsa kita yang damai, aman, tentram, damai, dan sejahtera.

Jadi intinya adalah kesatuan di dalam keberagaman, tidak bisa dipungkiri bahwa kenyataan bangsa kita yang memang sudah ditakdirkan oleh Tuhan menjadi suatu bangsa yang terdiri dari berbagai macam suku bangsanya.Dan kunci untuk terwujudnya bangsa yang besar dan bangsa yang Jaya di dalam segala bidang kehidupan, oleh karena itu mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa kita untuk anak cucu kita

 

 

 

 

Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 91 | Added by: rahmansemesta | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar