Home » 2017 » August » 21 » PENGERTIAN PROXY WAR
4:42 PM
PENGERTIAN PROXY WAR


Pada saat ini masyarakat modern telah meninggalkan perang konvesional dikarenakan memakan korban dan biaya yang sangat banyak, perang konvesional juga sudah tidak lagi sesuai dengan cara berkehidupan manusia pada saat ini. Maka negara-negara yang masih menginginkan sesuatu yang bukan hak miliknya memikirkan cara perang lainnya seperti, Proxy War. 

Cara mudah bagi kita orang awam untuk memahami tentang apa itu proxy war, adalah dengan mencari tahu apa arti dari proxy. Proxy memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu proksi yang jika diartikan bisa menjadi wakil. Jadi proxy war memiliki arti perang wakil atau perang yg diwakili. Jadi proxy war merupakan sebuah perang dimana pemeran utamanya tidak menggunakan kekuatannya sendiri untuk menyerang musuhnya melainkan mereka menggunakan wakil atau kaki tangannya. Sifat dan karakteristik perang telah berubah seiring berkembangnya tekhnologi dan kepintaran umat manusia. Kemungkinan terjadinya perang secara langsung pada jaman ini sangat kecil. Dikarenakan adanya hukum HAM. Namun dikarenakan adanya tuntutan atau keinginan dari suatu kelompok/negara maka muncullah perang-perang jenis baru. Seperti Perang Asimetris, Perang Hibrida, dan Perang Proksi.

Perang proksi sendiri adalah sebuah konfrontasi antar dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi/kontak secara langsung dengan pihak lawan, dengan alasan mengurangi risiko kehancuran pada negaranya. Biasanya, pihak ketiga yang bertindak sebagai pemain pengganti adalah negara kecil, namun kadang juga bisa non-state actors yang dapat berupa lembaga masyarakat, seperti ormas, kelompok masyarakat, atau perorangan yang ada di negara musuh. Bahaya paling nyata dari perang proxy ini, adalah tidak dapat dikenali dengan jelas siapa kawan dan siapa lawan karena musuh mengendalikan non-state actors dari jauh. Proxy war juga telah berlangsung di Indonesia dalam berbagai macam bentuk, seperti gerakan separatis dan lain-lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Biasanya perang proksi berfungsi terbaik selama perang dingin, karena mereka menjadi kebutuhan dalam melakukan konflik bersenjata antara setidaknya dua pihak yang berperang sambil terus melakukan perang dingin.

 

 

 

 

 

 

 

Category: Proxy War | Views: 62 | Added by: Arahadd | Rating: 4.0/1
Total comments: 1
avatar
0
1
Jadi proxy war merupakan sebuah perang dimana pemeran utamanya tidak menggunakan kekuatannya sendiri untuk menyerang musuhnya melainkan mereka menggunakan wakil atau kaki tangannya.

inilah yang harus kita lakukan sosialisasi kepada semua generasi penerus bangsa Indonesia.
avatar