Home » 2015 » June » 6 » Pembuka
6:14 PM
Pembuka

#hal 1

Proklamasi 17 Agustus 1945 adalah sebenarnya satu proclamation of independence dan satu declaration of independence. Bagi kita, maka naskah Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah satu. Bagi kita, maka naskah Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tak dapat dipisahkan satu dari yang lain. Bagi kita, maka naskah Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah loro loroning atunggal. Bagi kita, maka proclamation of independence berisikan pula declaration of independence.  ~ Bung Karno

Penting artinya bagi kita untuk memahami dan selalu menempatkan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagai satu kesatuan dengan Deklarasi Kemerdekaan. Sungguh keduanya itu merupakan dua hal yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Keduanya adalah satu kesatuan yang saling menjelaskan. Keduannya seperti sepasang sayap yang saling menopang. Tanpa adanya Deklarasi Kemerdekaan, maka keberadaan dari Proklamasi kita hanya akan menjadi sesuatu yang tidak mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Proklamasi Kemerdekaan akan menjadi sesuatu yang tidak mempunyai pedoman dan falsafah. Menjadi sesuatu yang kosong dan hanya akan sekedar menjadi alat bagi kita untuk mengusir penjajah. Ia menjadi tidak berisi dan bermakana. Begitu juga halnya dengan keberadaan Deklarasi Kemerdekaan tanpa keberadaan dari Proklamasi maka keberadaannya juga hanya akan menjadi sebuah angan-angan kosong belaka. Hanya akan menjadi mimpi yang tidak mempunyai tempat untuk menjadi nyata. Menjadi percumalah segala macam falsafah, prinsip, harapan, tujuan dan cita-cita apapun yang ada di dalamnya tanpa ia berdiri di atas dasar kemerdekaan bangsa. Berdiri di atas Proklamasi 17 Agustus 1945.

Eratnya kaitan dan hubungan keduanya ini digambarkan oleh Bung Karno dengan menyebut Deklarasi Kemerdekaan sebagai anak kandungnya dari Proklamasi. Penggambaran ini juga memberi penjelasan kepada kita tentang kedudukan dari Deklarasi Kemerdekaan tersebut terhadap Proklamasi. Penggambaran ini menjelaskan kepada kita bahwa dari Proklamasi-lah Deklarasi Kemerdekaan itu dilahirkan dan untuk menggenapi cita-cita dan spirit daripada Proklamasi itulah ia ada.

Bagi bangsa Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 tentu mempunyai arti sangat besar dan nilai yang sangat tinggi. Proklamasi Kemerdekaan inilah detik lahirnya bangsa Indonesia yang sekaligus merupakan momen dimana bangsa Indonesia telah terbebas dari penjajahan bangsa lain. Inilah titik dimana bangsa Indonesia memulai perjalanannya sebagai sebuah bangsa yang merdeka tanpa intervensi dari bangsa manapun juga. Inilah saat yang sangat dinanti-nantikan oleh bangsa Indonesia yang telah sejak lama menantikan berakhirnya segala bentuk penindasan yang dilakukan oleh bangsa penjajah. Proklamasi Kemerdekaan ini telah menempatkan dan menghantarkan bangsa Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan yang memungkinkan terwujudnya Indonesia yang Adil dan Makmur. Di dalam teks Proklamasi Kemerdekaan memang tidak dijelaskan tentang apa dan bagaimana bangsa Indonesia; teks Proklamasi Kemerdekaan memang hanya berisi pernyataan kemerdekaannya bangsa Indonesia saja. Namun demikian, sesungguhnya di balik Proklamasi tersebut terkandung sebuah spirit yang besar dan hebat. Karena sesungguhnya Proklamasi 17 Agustus 1945 ini adalah adalah luapan perasaan-perasaan yang tersimpan dalam kalbu terdalamnya bangsa Indonesia. Yang oleh Deklarasi Kemerdekaanlah kemudian dijelaskan segala pandangan, prinsip, tujuan dan segala harapan yang tersimpan di dalam kalbu terdalamnya bangsa Indonesia itu.

Dengan segala apa yang terkandung di dalamnya itu, Deklarasi Kemerdekaan atau Pembukaan UUD’45 dapatlah ia kita ibaratkan sebagai genetika bagi bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan padanyalah terkandung rumusan pokok, utama dan mendasar tentang kebangsaan kita dan tentang bagaimana kita menjalankan kenegaraan kita. Dapatlah juga kita sebut ia sebagai jati dirinya bangsa Indonesia; karena didalamnyalah dijelaskan tentang prinsip-prinsip yang membentuk kepribadian dari bangsa Indonesia. Dapatlah juga ia kita pandang sebagai fitrah hidupnya bangsa Indonesia; karena ia merangkum secara sempurna tentang keindonesiaan kita yang kemudian hanya dengan menggenapi apa yang terkandung di dalamnya itulah bangsa Indonesia akan dapat mencapai kesejatiannya. Karena kedudukan dan keutamaannya inilah Deklarasi Kemerdekaan ini menjadi salah satu konstitusi bangsa yang tidak boleh dan tidak bisa dirubah. Ia bersifat mutlak, baku, dan tidak berubah untuk selama-lamannya. Karena merubah isi dari Deklarasi Kemerdekaan adalah sama saja dengan merubah Indonesia.

Dan, sebagaimana seruan Bung Karno yang ditujukan kepada para revolusioner sejati tentang pentingnya untuk menjadikan dwitunggal Proklamasi dan Deklarasi Kemerdekaan ini sebagai pegangan, tujuan, falsafah, rahasia dan pengayoman dari pada revolusi Indonesia, maka darinya itu adalah penting bagi kita untuk memahami dengan baik maksud dan makna dari keduanya itu agar kita dapat melanjutkan revolusi Indonesia ini dengan benar dan agar revolusi yang kita jalankan itu benar-benar on the track. Tanpa memahami dan berpegang kepada dwitunggal Proklamasi dan Deklarasi Kemerdekaan ini maka dapatlah dipastikan revolusi yang kita jalankan akan berjalan salah dan tidak pernah akan mencapai tujuannya. Revolusi Indonesia haruslah terus bergerak dan berlanjut demi kejayaan bangsa Indonesia dan demi kejayaan umat manusia. Melalui revolusi Indonesia inilah kita mewujudkan masyarakt Indonesia yang adil dan makmur dan melalui revolusi Indonesia ini juga kita wujudkan dunia baru tanpa eksploitasi manusia atas manusia dan eksploitasi bangsa atas bangsa. Yang dari ini dapatlah kita simpulkan bahwa menjalankan revolusi Indonesia itu adalah berarti menjalankan apa-apa yang diamanatkan oleh Proklamsi dan Deklarasi Kemerdekaan Indonesia. Proklamasi dan Deklarasi Kemerdekaan inilah Amanat Penderitaan Rakyat Indoensia itu. Proklamasi dan Deklarasi Kemerdekaan inilah the revolution of mankind itu.

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 516 | Added by: GitaMerdeka | Tags: Proklamasi, Dwitunggal, Deklarasi | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar