Home » Nasionalisme Indonesia

Dalam sejarah peradaban umat manusia terdapat sebuah masa yang kita menamainya dengan sebutan zaman imperialisme dan kolonialisme yang berlangsung dengan sangat panjang. Imperialisme adalah sebuah paham yang mendorong setiap bangsa untuk berpikir dan berusaha menjadi yang paling berkuasa di muka bumi ini. Imperialisme telah menempatkan bangsa yang satu dengan bangsa yang lain pada posisi saling berseteru, saling memusuhi, saling memerangi dan saling menaklukan. Setiap bangsa harus berpikir dan berupaya untuk menaklukan bangsa lain dan membuat bangsa tersebut bertekuk lutut di bawah kekuasaannya. Dari situlah kemudian lahir juga praktek kolonialisme. Imperialisme dan kolonialisme memang merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Seperti dua sisi dari satu koin yang sama, seperti itulah eksistensi imperialisme yang tidak akan bisa ada tanpa kolonialisme atau sebaliknya. Ide dasar kolonialisme itu sendiri adalah sama dan satu kesatuan&n ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 794 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-04-01 | Comments (0)

Nasionalisme adalah sebuah paham yang menyatukan individu-individu ke dalam dan atas nama sebuah bangsa. Dalam paham nasionalisme, setiap individu tadi tidaklah lagi dibenarkan untuk mengedepankan identitas-identitas sempitnya seperti apa sukunya, apa agamanya, apa ras atau kelompoknya dan hal-hal serupa lainnya. Setiap orang harus melihat dirinya dan orang lain sebagai sama-sama anak bangsa. Mereka semua dipersatukan dan dipersaudarakan oleh kebangsaan mereka. Setiap individu yang ada di dalamnya juga dituntut untuk mencintai bangsanya lebih dari ia mencintai dirinya sendiri, keluarganya, atau kelompoknya. Kepada bangsanyalah ia mengabdi dan berbakti serta memandang pengabdian dan bakti kepada bangsanya itu adalah juga sebagai bentuk pengabdian dan baktinya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Satu hal penting yang perlu untuk kita garis-bawahi terkait nasionalisme ini adalah bahwa nasionalisme itu sangatlah berbeda dengan chauvinisme. Memang tidaklah sedikit negara atau bangsa yang dalam praktek nasionalisme-nya telah meruncing menjadi chauvinisme. Menjadi chau ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 1320 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-04-01 | Comments (0)

Dalam sebuah pidatonya, Bung Karno pernah mengatakan: "Internasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak berakar di dalam buminya nasionalisme. Nasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak hidup dalam taman sarinya internasionalisme." Melalui apa yang disampaikan oleh Bung Karno tersebut kita dapat melihat eratnya hubungan antara nasionalisme dan internasionalisme ini. Dapatlah dikatakan bahwa internasionalisme dan nasionalisme merupakan dua hal yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Yang satu tidak bisa ada tanpa yang lainnya. Tidak akan mungkin ada internasionalisme tanpa keberadaan nasionalisme dan tidak mungkin bisa eksis nasionalisme tanpa kehadiran internasionalisme. Namun demikian, dalam hubungan keduanya ini, semua haruslah berangakat dan bermula dari nasionalisme yang kemudian barulah diikuti oleh internasionalisme. Hal yang demikian ini dikarenakan bahwa memang sebenarnya internasionalisme itu hanyalah atau haruslah merupakan sebuah bentuk pelaksanaan nasionalisme dalam skala dunia. Internasionalisme ini adalah perserikatan nasionalisme. Sehingga, prinsip-prinsip internasionalisme secara mendasar sesungguhnya adalah sama dengan atau berakar pada prinsip-prin ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 3240 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-04-01 | Comments (0)

« 1 2 3