Home » Nasionalisme Indonesia

#hal 6

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Apakah yang hendak dijelaskan oleh alinea 3 ini kepada kita? Alinea 3 ini menjelaskan kepada kita tentang pernyataan kemerdekaan yang telah kita proklamirkan pada 17 Agustus 1945. Dijelaskan darinya bahwa proklamasi yang telah berhasil kita nyatakan pada 17 Agustus 1945 itu adalah dapat terjadi atas berkat rahmat dari Allah yang Maha Kuasa. Ini adalah pengakuan bangsa Indonesia akan kekuasaan Tuhan. Kita menyadari betul bahwa tanpa kehendak-Nya, tanpa rahmat-Nya, kemerdekaan yang kita cita-citakan itu tidak akan pernah dapat terwujud. Hal ini tentu juga menjadi sebuah pesan buat kita bahwa tetaplah harus kita senantiasa menggantungkan urusan berbangsa dan bernegara kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa itu.

Hal kedua yang juga disampaikan melalui alinea 3 ini adalah juga tidaklah dapat dipungkiri bahwa keberhasilan kemerdekaan kita juga adalah karena kit ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 366 | Added by: edys | Date: 2015-06-05 | Comments (0)

Revolusi kita bukan sekadar mengusir Pemerintahan Belanda dari Indonesia. Revolusi kita menuju lebih jauh lagi daripada itu. Revolusi Indonesia menuju tiga kerangka yang sudah terkenal. Revolusi Indonesia menuju kepada Sosialisme! Revolusi Indonesia menuju kepada DUNIA BARU tanpa ‘exploitation de l‘homme par l‘homme’ dan ‘exploitation de nation par nation’.  ~ Bung Karno

Dunia lama; dunia jajah-menjajah; dunia imperialisme dan kolonialisme telah terbukukan dalam catatan sejarah peradaban manusia sebagai sebentuk dunia yang telah banyak menimbulkan kerusakan, penderitaan dan kehancuran bagi umat manusia. Telah nyata bagi kita berbagai kehancuran yang ditimbulkan dari budaya takluk-menaklukan yang berjalan di atas ideologi imperialisme dan kolonialisme ini. Telah pasti buat kita keharusan untuk sesegera mungkin menghentikan dan membersihkan dunia dari budaya dunia lama tersebut. Dari budaya imperialisme dan kolonialisme yang telah berjalan selama ribuan tahun ini. Umat manusia kini telah memasuki sebuah zaman baru. Zaman modernisasi dan global ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 460 | Added by: edys | Date: 2015-06-04 | Comments (0)

#hal 7

Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam  Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Di alinea 4 inilah dijelaskan tentang penyelenggaraan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dimana penyelenggaraan kemerdekaan ini merupakan bentuk dari revolusi Indonesia itu. Yang kesemuanya itu kita jalankan dengan cara membangun sebuah negara. Membangun sebuah negara yang akan ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 6401 | Added by: edys | Date: 2015-06-02 | Comments (0)

Secara sederhana kedwitunggalan Proklamasi dan Deklarasi dapatlah kita gambarkan dalam kesimpulan bahwa Proklamasi-lah yang telah memberikan kepada kita kemerdekaan dan Deklarasi-lah yang menuntun kita untuk mengisi kemerdekaan tersebut. Proklamasi-lah yang telah memberikan kita ruang terbuka untuk kita mendirikan sebuah bangunan padanya dan Deklarasi-lah yang memandu kita dalam mendirikan bangunan tersebut. Proklamasi-lah yang memberi kita kanvas putih untuk kita lukis dengan indah dan Deklarasi-lah yang mengarahkan kita untuk menghasilkan lukisan yang indah tersebut. Proklamasi-lah yang telah memberi kita jalan menuju apa yang kita cita-citakan dan Deklarasi-lah yang membimbing kita untuk mewujudkan apa yang kita cita-citakan tersebut.

Melalui apa yang disampaikan oleh Bung Karno berikut ini kita dapat sekali lagi melihat dan memahami kedwitunggalan dari Proklamasi dan Deklarasi Kemerdekaan.

“Sekali lagi, semua kita, terutama sekali semua pemimpin-pemimpin, harus menyadari sangkut-paut antara Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar ’45:

... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 339 | Added by: edys | Date: 2015-06-01 | Comments (0)

Ajaran Keesaan Tuhan

Intisari dari Nasionalisme Indonesia sebagaimana yang telah kita bahas di atas adalah sebuah upaya untuk mewujudkan kesatuan umat manusia yang saling menghidupi satu sama lain karena hakikinya manusia itu adalah umat yang satu. Inilah sesungguhnya maksud dari revolusi Indonesia itu. Sebuah usaha bersama untuk mewujudkan persaudaraan umat manusia tanpa batasan suku, golongan, ras dan agama. Dan sesungguhnya semua ini adalah bentuk nyata dari mengesakan Tuhan Semesta Alam.

Setiap kita tentulah sepakat bahwa seluruh manusia yang hidup di dunia ini hari ini adalah tanpa terkecuali diciptakan oleh Tuhan yang sama. Pastilah tidak berbeda Tuhan yang telah menciptakan saya, anda dan dia. Tidaklah mungkin saya diciptakan oleh Tuhan yang ini, sementara anda diciptakan oleh Tuhan yang itu dan dia diciptakan oleh Tuhan yang lain lagi. Itu tidak mungkin. Dengan pasti dapat kita setujui bahwa kita semua tanpa terkecuali diciptakan oleh Tuhan yang sama itu. Lalu adakah Tuhan yang telah menciptakan kita semua itu menghendaki kita saling bunuh satu sama lain? Adakah Dia meng ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 468 | Added by: edys | Date: 2015-06-01 | Comments (0)

Orang tidak dapat mengabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia. Tuhan bersemayam di gubuknya si miskin. ~ Bung Karno

Rasa syukur yang sedalam-dalamnya kita haturkan ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat yang tak terhingga yang telah dianugerahkan-Nya kepada bangsa Indonesia. Kita telah dikaruniai-Nya nilai-nilai yang sangat luhur. Nilai-nilai yang sangat tinggi untuk kita dirikan di atas nilai-nilai tersebut sebuah rumah bersama bangsa Indonesia yang akan menjadi tempat hidup, tempat bernaung, tempat berlindung, tempat berkarya, tempat mengadu, tempat mencari pertolongan, tempat mencari keadilan, tempat mewujudkan harapan dan cita-cita, tempat berbakti dan tempat bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa. Rumah dimana seluruh rakyat Indonesia hidup berdampingan dan bergotong royong secara harmonis dalam ikatan rasa persatuan dan persaudaraan yang kokoh. Rumah yang dijiwai oleh keindonesiaan kita. Rumah Pancasila.

Marilah kita dengan sebaik-baiknya berusaha untuk memahami paham kebangsaan kita. Marilah dengan sedalam-dalamnya ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 309 | Added by: edys | Date: 2015-05-31 | Comments (0)

Mencapai Negara Indonesia yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur adalah visi perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa sejak awal kemerdekaan bangsa ini. Visi kemerdekaan tersebut merupakan perjalanan langkah demi langkah yang harus ditempuh oleh bangsa ini sampai dengan terwujudnya Indonesia yang adil dan makmur sebagaimana yang kita cita-cita dan yang telah menjadi nyanyian kerinduan kita sejak lama. Saat ini memang bangsa ini telah merdeka. Kita sudah tidak lagi dijajah oleh bangsa lain. Kita sudah mempunyai negara dan pemerintahan sendiri. Tapi tentu merdeka saja tidaklah cukup. Merdeka saja tidak secara otomatis akan membawa kita kepada adil-makmur yang kita impikan. Ada langkah-langkah besar lainnya yang harus kita lakukan untuk dapat sampai kepada Indonesia yang adil dan makmur itu. Dan langkah besar pertama yang harus kita perjuangkan setelah tercapainya kemerdekaan adalah mewujudkan Indonesia yang bersatu. Salah satu pertanyaan pentingnya berkaitan dengan ini adalah bilamanakah bangsa Indonesia dapat disebut telah bersatu? Apakah dengan telah berikrarnya kita sebagai satu kesatuan tanah air, bangsa dan bahasa berarti bahwa kita telah bersatu? Apak ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 807 | Added by: edys | Date: 2015-05-05 | Comments (1)

Nation character building atau pembangunan jiwa bangsa adalah sebuah hal penting dan mendasar yang nampaknya terlupakan dan kurang mendapat perhatian yang sungguh-sungguh oleh bangsa ini dalam kurun waktu yang begitu panjang. Entah apa yang membuat bangsa ini seolah lupa dan tidak menganggap penting pembangunan jiwa bangsa tersebut. Hari ini, definisi kita tentang membangun bangsa terlihat telah bergeser jauh dari yang semestinya. Kita cenderung mendefinisikan pembangunan bangsa dengan lebih mengedepankan pembangunan pembangunan gedung-gedung, infrastruktur, ekonomi, dan hal-hal serupa lainnya. Padahal jelas tegas dalam kenyataan hidup ini bahwa kuat dan besarnya sebuah bangsa sangat ditentukan pertama sekali oleh karakternya. Oleh jiwanya. Jadi meski pembangunan gedung-gedung, infrastruktur, ekonomi dan hal-hal serupa lainnya merupakan hal yang penting, namun semua itu tidaklah mempunyai arti apa-apa tanpa terbangun dengan kuatnya karakter bangsa.

... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 1962 | Added by: edys | Date: 2015-04-01 | Comments (0)

ALENIA PERTAMA PEMBUKAAN UUD 45

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”


Kemerdekaan Adalah Hak

Kemerdekaan adalah hak setiap manusia yang dimateraikan padanya oleh Tuhan Semesta Alam. Setiap manusia, siapapun dia, mempunyai hak untuk hidup dan menjalani hidup menurut kodratnya sebagai manusia. Setiap anak manusia yang lahir, seluruh haknya itu dilindungi oleh Tuhan Semesta Alam sejak hari kelahirannya sebagai manusia. Dan tidak terkecuali siapapun dia, ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 583 | Added by: edys | Date: 2015-04-01 | Comments (0)

Dalam sejarah peradaban umat manusia terdapat sebuah masa yang kita menamainya dengan sebutan zaman imperialisme dan kolonialisme yang berlangsung dengan sangat panjang. Imperialisme adalah sebuah paham yang mendorong setiap bangsa untuk berpikir dan berusaha menjadi yang paling berkuasa di muka bumi ini. Imperialisme telah menempatkan bangsa yang satu dengan bangsa yang lain pada posisi saling berseteru, saling memusuhi, saling memerangi dan saling menaklukan. Setiap bangsa harus berpikir dan berupaya untuk menaklukan bangsa lain dan membuat bangsa tersebut bertekuk lutut di bawah kekuasaannya. Dari situlah kemudian lahir juga praktek kolonialisme. Imperialisme dan kolonialisme memang merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Seperti dua sisi dari satu koin yang sama, seperti itulah eksistensi imperialisme yang tidak akan bisa ada tanpa kolonialisme atau sebaliknya. Ide dasar kolonialisme itu sendiri adalah sama dan satu kesatuan&n ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 734 | Added by: edys | Date: 2015-04-01 | Comments (0)

« 1 2 3 »