Home » Nasionalisme Indonesia

“Nasionalisme kita adalah nasionalisme yang di dalam kelebaran dan keluasannya memberi tempat cinta pada lain-lain bangsa, sebagai lebar dan luasnya udara, yang memberi tempat segenap sesuatu yang perlu untuk hidupnya segala hal yang hidup.” ~ Bung Karno

Ajaran Kebangsaan Indonesia atau Nasionalisme Indonesia mempunyai kekhususan tersendiri dan mempunyai warna yang berbeda dari nasionalisme barat. Kekhususan dari pada nasionalisme Indonesia ini lantaran ia berdiri di atas dasar perikemanusiaan. Ia mengakar kuat di atas prinsip kemerdekaan dan kesetaraan bangsa-bangsa. Ia terlahir dari sebuah semangat perlawanan terhadap imperialisme dan kolonialisme dalam segala bentuknya.

Nasionalisme Indonesia bukanlah sebuah paham yang terlahir begitu saja. Ia bukan sebuah paham yang terbentuk dalam satu dua hari atau satu dua tahun. Ia adalah sebuah ajaran yang tersusun melalui sebuah proses panjang beratus-ratus tahun lamanya; tahap demi tahap seiring sejalan dengan sejarah ter ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 113 | Added by: PuteraGaruda | Date: 2017-08-08 | Comments (0)

Esensi daripada NKRI itu adalah UUDNI
Dimana kebenaran NKRI adalah terejawantahkannya UUDNI di dalam NKRI secara sempurna

Esensi daripada UUDNI adalah PANCASILA
Dimana kebenaran UUDNI adalah termanifestasikanya PANCASILA di dalam UUDNI secara sempurna

Esensi daripada PANCASILA adalah BHINNEKA TUNGGAL IKA
Dimana kebenaran PANCASILA adalah termanifestasikannya BHINNEKA TUNGGAL IKA di dalam PANCASILA secara sempurna

Esensi daripada BHINNEKA TUNGGAL IKA adalah NILAI KEMERDEKAAN
Dimana kebenaran BHINNEKA TUNGGAL IKA adalah termanifesitasikannya NILAI KEMERDEKAAN di dalam BHINNEKA TUNGGAL IKA secara sempurn ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 183 | Added by: nasionalisme[dot]id | Date: 2017-04-22 | Comments (0)

Nasionalisme berasal dari kata “nasional” yang berati kebangsaan dan “isme” yang berarti paham atau ajaran. Dengan ini maka pengertian dari nasionalisme adalah paham atau ajaran kebangsaannya suatu bangsa. Secara sederhana nasionalisme ini dapat kita pahami sebagai suatu paham atau ajaran yang mengharuskan suatu bangsa berpijak di atas kebangsaanya sendiri. Hidup menurut jati diri atau kepribadian bangsanya sendiri. Dan bentuk implementasi dari nasionalisme ini adalah membangun Negara Bangsa. Konsep negara bangsa ini barulah mulai dikenal sekitar abad ke 18 dimana di masa itu dan masa-masa sebelum itu bangsa-bangsa di dunia masih menganut sistem kolonisasi. Setiap kelompok dan bangsa masihlah berpikiran menjadi penguasa tunggal dunia. Kolonisasi yang menjadi cara hidup bangsa-bangsa pada waktu itu telah melahirkan penjajahan, penaklukan, penindasan, perbudakan dan perang dimana-mana. Ketertindasan yang dialami bangsa-bangsa yang menjadi korban dari kolonisasi inilah yang memunculkan paham kebangsaan itu. Semangat mendasar yang melandasi munculnya paham kebangsaan atau nasionalisme ini adalah adanya kehendak untuk dapat menjalani kehidupan berbangsanya secara bebas dan berdaulat. Kehendak untuk terbebas dari segala bentuk eksploitasi atau penindasan atas bangsanya. Kehendak untuk dapat hidup dalam keasilan bangsanya sendiri. Kehendak ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 798 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2016-01-07 | Comments (0)

Revolusi Indonesia adalah revolusi yang lahir sebagai sebuah bentuk perlawanan atas penjajahan yang di alami bangsa ini. Penjajahan dari bangsa-bangsa lain terhadap bangsa Indonesia telah menyebabkan penderitaan hebat dan berkepanjangan. Penjajahan juga telah membuat bangsa ini terkungkung dalam penindasan dan tidak memiliki sedikitpun kebebasan untuk mengatur dan mengurus sendiri kehidupan kebangsaannya menurut nilai-nilai yang diyakininya. Keadaan yang demikian itulah yang telah membuat bangsa ini memulai sebuah revolusi dengan satu tujuan yang jelas dan bulat yaitu membebaskan diri dari penjajahan. Keinginan untuk mempunyai kehidupan kebangsaan yang bebas, keinginan untuk terlepas sepenuhnya dari eksploitasi dan intervensi bangsa lain, keinginan untuk keluar dari penindasan dan pederitaan serta keinginan untuk dapat membangun kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, inilah hal-hal yang menjadi dorongan utama lahirnya revolusi Indonesia.

Dapatlah kita katakan bahwa lahir dan terbentuknya revolusi Indonesia ini bersifat alamiah adanya. Ia lahir dan terbentuk begitu saja sebagai sebuah reaksi dari terampasny ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 692 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2016-01-06 | Comments (0)

Prinsip bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa adalah mutiara kebijaksanaan yang bangsa Indonesia temukan dari pengalaman panjang dijajah oleh bangsa lain. Prinsip ini telah merubah cara pandang bangsa Indonesia tentang dunia ini. Dunia pada masa itu adalah dunia yang berjalan di atas budaya takluk menaklukan. Budaya imperialisme dan kolonialisme. Pada masa itu dunia masih belum mengenal kemerdekaan sebagai hak segala bangsa. Bangsa-bangsa membangun hidup mereka dengan saling takluk menaklukan satu sama lain. Perang menjadi jalan hidup yang bahkan dipandang suci oleh umat manusia pada masa itu. Dunia yang demikian itu adalah dunia yang tidak ada kedamaian di dalamnya. Dunia yang telah membuat umat manusia terbagi dan terpecah dalam banyak kelompok dan saling menyakiti satu sama lain. Dunia yang demikian itu menjadi dunia yang amat banyak melahirkan penderitaan dan kesengsaraan bagi umat manusia. Tentu bukanlah dunia yang seperti demikian itu yang diinginkan manusia. Kita tentu saja menginginkan dunia dimana kita dapat menjalani hidup dengan penuh rasa aman, berinteraksi satu dengan yang lain dengan damai dan dapat bersama-sama membangun kesehjateraan untuk umat manusia. Dan bangsa Indonesia melihat bahwa kunci untuk menuju dunia yang aman, damai sejahtera itu adalah kemerdekaan. Kemerdekaan harus menjadi hak segala bangsa. Setiap bangsa harus mempunyai keme ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 398 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-11-29 | Comments (0)

Dwitunggal

PROKLAMASI DAN DEKLARASI

KEMERDEKAAN INDONESIA

ADALAH PEGANGAN, TUJUAN, FALSAFAH, RAHASIA DAN PENGAYOMAN HIDUP DARIPADA

Revolusi Indonesia

 


“Saudara-saudara kaum revolusioner sejati, kita berjalan terus, ya kita berjalan terus, berjuang terus, kita tidak akan berhenti. Kita berjalan terus, berjalan terus, menuju terus pada sasaran-tujuan seperti diamanatkan oleh Proklamasi 17 Agustus 1945 beserta anak kandungnya yang bernama Deklarasi Kemerdekaan yang tertulis sebagai Mukadim ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 544 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-07 | Comments (0)

#hal 1

Proklamasi 17 Agustus 1945 adalah sebenarnya satu proclamation of independence dan satu declaration of independence. Bagi kita, maka naskah Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah satu. Bagi kita, maka naskah Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tak dapat dipisahkan satu dari yang lain. Bagi kita, maka naskah Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah loro loroning atunggal. Bagi kita, maka proclamation of independence berisikan pula declaration of independence.  ~ Bung Karno

Penting artinya bagi kita untuk memahami dan selalu menempatkan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagai satu kesatuan dengan Deklarasi Kemerdekaan. Sungguh keduanya itu merupakan dua hal yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Keduanya adalah satu kesatuan yang saling menjelaskan. Keduannya seperti sepasang sayap yang saling menopang. Tanpa adanya Deklarasi Kemerdekaan, maka keberadaan dari Proklamasi kita hanya akan menjadi sesuatu yang tidak mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Proklamasi Kemerdekaan akan menjadi sesuatu yang t ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 517 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-06 | Comments (0)

#hal 2

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

 

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 1945
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

 

Kemerdekaan dan kepribadian nasional adalah laksana dua anak kembar yang melengket satu sama lain, yang tak dapat dipisahkan tanpa membawa bencana kepada masing-masing.  ~&n ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 473 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-06 | Comments (0)

#hal 3

PEMBUKAAN UUD 45

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri-keadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian dari pada it ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 381 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-06 | Comments (0)

#hal 4

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri-keadilan.

Inilah keyakinannya bangsa Indonesia tentang kemerdekaan. Bagi bangsa Indonesia kemerdekaan itu ialah haknya segala bangsa. Dan ini berartinya bahwa dalam pandangannya bangsa Indonesia tidak ada satu bangsa pun di atas dunia ini yang berhak untuk menjajah bangsa lain. Karena itu jugalah kenapa bangsa Indonesia menyatakan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Jadi, harus dihapuskannya penjajahan dari atas dunia ini adalah merupakan konsekuensi dari prinsip kemerdekaan sebagai hak setiap bangsa disamping juga dikarenakan penjajahan itu sendiri merupakan tindakan yang tidak berperikemanusiaan dan berperikeadialan.

Apa yang dinyatakan dalam alinea 1 ini amat penting artinya bagi bangsa Indonesia karena dari prinsip kemerdekaan yang terkandung di alinea 1 inilah segala sesuatu tentang ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 455 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-05 | Comments (0)

1 2 3 »