Home » Nasionalisme Indonesia

Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu kami para pengurus RKP berkesempatan berkunjung ke Tugu Proklamasi dan berbincang-bincang dengan Mas Kirasave Agung salah satu pengurus di sana. Banyak hal-hal menarik yang kami dapatkan dari kunjungan kami ke sana.

Selain dapat mengenal lebih dalam lagi tentang sosok Bung Karno, kunjungan langsung ke tempat paling bersejarah bagi bangsa Indonesia ini, juga membawa kami ke suasana alam berpikir para pejuang dan pendiri bangsa masa lalu khususnya ke alam berpikirnya Bung Karno sendiri.

Selepas kunjungan ke Tugu Proklamasi yang juga dikenal dengan sebutan Tugu Petir itu, ada satu pertanyaan yang masih menggelitik di pikiran saya sampai hari ini. Pertanyaan tentang apa alasan Bung Karno menggunakan ornamen petir sebagai simbol dari pada Proklamasi tersebut?
 

Tugu Petir yang dibangun oleh Bung Karno pada ta ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 354 | Added by: PuteraGaruda | Date: 2018-10-04 | Comments (0)

“Nasionalisme kita adalah nasionalisme yang di dalam kelebaran dan keluasannya memberi tempat cinta pada lain-lain bangsa, sebagai lebar dan luasnya udara, yang memberi tempat segenap sesuatu yang perlu untuk hidupnya segala hal yang hidup.” ~ Bung Karno

Ajaran Kebangsaan Indonesia atau Nasionalisme Indonesia mempunyai kekhususan tersendiri dan mempunyai warna yang berbeda dari nasionalisme barat. Kekhususan dari pada nasionalisme Indonesia ini lantaran ia berdiri di atas dasar perikemanusiaan. Ia mengakar kuat di atas prinsip kemerdekaan dan kesetaraan bangsa-bangsa. Ia terlahir dari sebuah semangat perlawanan terhadap imperialisme dan kolonialisme dalam segala bentuknya.

Nasionalisme Indonesia bukanlah sebuah paham yang terlahir begitu saja. Ia bukan sebuah paham yang terbentuk dalam satu dua hari atau satu dua tahun. Ia adalah sebuah ajaran yang tersusun melalui sebuah proses panjang beratus-ratus tahun lamanya; tahap demi tahap seiring sejalan dengan sejarah ter ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 779 | Added by: PuteraGaruda | Date: 2017-08-08 | Comments (1)

Esensi daripada NKRI itu adalah UUDNI
Dimana kebenaran NKRI adalah terejawantahkannya UUDNI di dalam NKRI secara sempurna

Esensi daripada UUDNI adalah PANCASILA
Dimana kebenaran UUDNI adalah termanifestasikanya PANCASILA di dalam UUDNI secara sempurna

Esensi daripada PANCASILA adalah BHINNEKA TUNGGAL IKA
Dimana kebenaran PANCASILA adalah termanifestasikannya BHINNEKA TUNGGAL IKA di dalam PANCASILA secara sempurna

Esensi daripada BHINNEKA TUNGGAL IKA adalah NILAI KEMERDEKAAN
Dimana kebenaran BHINNEKA TUNGGAL IKA adalah termanifesitasikannya NILAI KEMERDEKAAN di dalam BHINNEKA TUNGGAL IKA secara sempurn ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 372 | Added by: nasionalisme[dot]id | Date: 2017-04-22 | Comments (0)

Nasionalisme berasal dari kata “nasional” yang berati kebangsaan dan “isme” yang berarti paham atau ajaran. Dengan ini maka pengertian dari nasionalisme adalah paham atau ajaran kebangsaannya suatu bangsa. Secara sederhana nasionalisme ini dapat kita pahami sebagai suatu paham atau ajaran yang mengharuskan suatu bangsa berpijak di atas kebangsaanya sendiri. Hidup menurut jati diri atau kepribadian bangsanya sendiri. Dan bentuk implementasi dari nasionalisme ini adalah membangun Negara Bangsa. Konsep negara bangsa ini barulah mulai dikenal sekitar abad ke 18 dimana di masa itu dan masa-masa sebelum itu bangsa-bangsa di dunia masih menganut sistem kolonisasi. Setiap kelompok dan bangsa masihlah berpikiran menjadi penguasa tunggal dunia. Kolonisasi yang menjadi cara hidup bangsa-bangsa pada waktu itu telah melahirkan penjajahan, penaklukan, penindasan, perbudakan dan perang dimana-mana. Ketertindasan yang dialami bangsa-bangsa yang menjadi korban dari kolonisasi inilah yang memunculkan paham kebangsaan itu. Semangat mendasar yang melandasi munculnya paham kebangsaan atau nasionalisme ini adalah adanya kehendak untuk dapat menjalani kehidupan berbangsanya secara bebas dan berdaulat. Kehendak untuk terbebas dari segala bentuk eksploitasi atau penindasan atas bangsanya. Kehendak untuk dapat hidup dalam keasilan bangsanya sendiri. Kehendak ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 1360 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2016-01-07 | Comments (0)

Revolusi Indonesia adalah revolusi yang lahir sebagai sebuah bentuk perlawanan atas penjajahan yang di alami bangsa ini. Penjajahan dari bangsa-bangsa lain terhadap bangsa Indonesia telah menyebabkan penderitaan hebat dan berkepanjangan. Penjajahan juga telah membuat bangsa ini terkungkung dalam penindasan dan tidak memiliki sedikitpun kebebasan untuk mengatur dan mengurus sendiri kehidupan kebangsaannya menurut nilai-nilai yang diyakininya. Keadaan yang demikian itulah yang telah membuat bangsa ini memulai sebuah revolusi dengan satu tujuan yang jelas dan bulat yaitu membebaskan diri dari penjajahan. Keinginan untuk mempunyai kehidupan kebangsaan yang bebas, keinginan untuk terlepas sepenuhnya dari eksploitasi dan intervensi bangsa lain, keinginan untuk keluar dari penindasan dan pederitaan serta keinginan untuk dapat membangun kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, inilah hal-hal yang menjadi dorongan utama lahirnya revolusi Indonesia.

Dapatlah kita katakan bahwa lahir dan terbentuknya revolusi Indonesia ini bersifat alamiah adanya. Ia lahir dan terbentuk begitu saja sebagai sebuah reaksi dari terampasny ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 1022 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2016-01-06 | Comments (0)

1 2 3 4 5 »