Home » 2015 » November » 28 » MEWUJUDKAN DUNIA BARU
2:19 AM
MEWUJUDKAN DUNIA BARU

Prinsip bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa adalah mutiara kebijaksanaan yang bangsa Indonesia temukan dari pengalaman panjang dijajah oleh bangsa lain. Prinsip ini telah merubah cara pandang bangsa Indonesia tentang dunia ini. Dunia pada masa itu adalah dunia yang berjalan di atas budaya takluk menaklukan. Budaya imperialisme dan kolonialisme. Pada masa itu dunia masih belum mengenal kemerdekaan sebagai hak segala bangsa. Bangsa-bangsa membangun hidup mereka dengan saling takluk menaklukan satu sama lain. Perang menjadi jalan hidup yang bahkan dipandang suci oleh umat manusia pada masa itu. Dunia yang demikian itu adalah dunia yang tidak ada kedamaian di dalamnya. Dunia yang telah membuat umat manusia terbagi dan terpecah dalam banyak kelompok dan saling menyakiti satu sama lain. Dunia yang demikian itu menjadi dunia yang amat banyak melahirkan penderitaan dan kesengsaraan bagi umat manusia. Tentu bukanlah dunia yang seperti demikian itu yang diinginkan manusia. Kita tentu saja menginginkan dunia dimana kita dapat menjalani hidup dengan penuh rasa aman, berinteraksi satu dengan yang lain dengan damai dan dapat bersama-sama membangun kesehjateraan untuk umat manusia. Dan bangsa Indonesia melihat bahwa kunci untuk menuju dunia yang aman, damai sejahtera itu adalah kemerdekaan. Kemerdekaan harus menjadi hak segala bangsa. Setiap bangsa harus mempunyai kemerdekaan untuk menjadi bangsanya sendiri dan untuk mengurus dan mengatur kehidupan kebangsaannya sendiri. Setiap bangsa harus saling menghormati kemerdekaan masing-masing bangsa. Tidak boleh ada satu bangsapun yang dijajah, dieksploitasi atau diintervensi oleh bangsa lain dan tidak boleh ada satu bangsa pun yang merasa berhak untuk menjajah, mengeksploitasi atau mengintervensi bangsa lain. Setiap bangsa harus berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah; sama hak dan derajatnya dengan bangsa-bangsa yang lain.

Dengan dijiwai oleh Prinsip bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, maka revolusi Indonesia tidak saja hanya menjadi sebuah revolusi yang bertujuan untuk memastikan kemerdekaan bagi bangsa ini, melainkan juga menjadi sebuah gerakan untuk memastikan kemerdekaan diterima sebagai hak bagi segala bangsa. Kemerdekaan hak segala bangsa inilah hukum yang akan membentuk dunia baru. Dunia tanpa eksploitasi manusia atas manusia dan bangsa atas bangsa. Dunia dimana kemerdekaan setiap bangsa, setiap golongan dan setiap orang dihormati dengan baik atas nama perikemanusiaan dan perikeadilan. Dan karenanya itulah revolusi Indonesia ini juga merupakan revolusi menuju terwujudnya dunia baru.

Kemerdekaan hak segala bangsa adalah satu-satunya jalan yang memungkinkan terwujudnya perdamaian yang abadi di atas dunia ini. Kerena di dalam kemerdekaan inilah imperialisme dan kolonialisme dalam segala wujud dan bentuknya menjadi hal yang tidak boleh ada. Ia menjadi musuh bagi perdamaian dan harus dihapuskan sebersih-bersihnya dari atas dunia. Kemerdekaan ini mengharuskan setiap bangsa, setiap golongan dan setiap orang untuk memperlakukan bangsa, golongan dan orang lain sebagaimana dirinya sendiri ingin diperlakukan. Kemerdekaan mengharuskan setiap orang untuk berlaku adil dengan orang lain siapapun dia serta dari bangsa dan golongan manapun dia. Kemerdekaan setiap orang harus dihormati sebagai hak yang diberikan Tuhan Yang Maha Pencipta atas diri setiap manusia tanpa terkecuali. Ketika kemerdekaan dihormati sebagai hak setiap bangsa dan setiap manusia, maka dengan sedirinya perdamaian akan terwujud, persaudaraan akan terbentuk dan perikemanusiaan dan perikeadilan akan dijunjung tinggi.

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 370 | Added by: edys | Tags: Dunia Baru, Revolusi Indonesia | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar