Home » Kerajaan-Kerajaan Indonesia

<<<sebelumnya......

  1. Mandeo: kerajaan merdeka atau semi-merdeka di Timor Barat.
  2. Manganitu: kerajaan di Sulawesi Utara, didirikan pada 1521 dan menjadi regenschap ("kabupaten") dari 1911 sampai 1950 dengan Manganitu sebagai ibukota.
  3. Manggarai: kerajaan di Pulau Flores, berdiri dari 1759. Dari 1762 s.d. 1815 dan dari 1851 s.d. 1907, Manggarai merupakan bagian dari Kesultanan Bima.
  4. Manggeng: kerajaan bawahan Kesultanan Aceh.
  5. Mangkunagaran: kerajaan seluas 2.579,98 km² yang didirikan pada 17 Maret 1757 di Kasunanan Surakarta.[16]
  6. Manjuto atau Pamuncak Tigo Kaum: kerajaan di daerah ulu, dengan raja bernama Tuanku Magek Bagonjong, pusat kerajaan di Jerangkang Tinggi - Pulau Sangkar, Kerinci Jambi
  7. Manoletten: kerajaan di Timor Barat.
  8. Manubait: kerajaan di Timor Barat.
  9. ... Read more »
Category: Kerajaan-Kerajaan Indonesia | Views: 372 | Added by: Idiway | Date: 2016-12-28 | Comments (0)

Menurut sumber wikipedia.com, kita mendapati ada begitu banyak sekali kerajaan-kerjaan yang pernah berdiri di bumi Nusantara ini. Terdapat ebih dari 800 kerjaan yang pernah ada. Berikut adalah daftar nama kerajaan-kerajaan tersebut:

  1. Aceh: berada di wilayah utara dari pulau Sumatera, kesultanan Achin atau Atjeh didirikan pada akhir abad ke-15.
  2. Adonara: kerajaan yang berada di pulau pegunungan berapi yang bernama pulau Adonara di Kepulauan Sunda Kecil.
  3. Aga Nonsin
  4. Agang Nionjo : adalah sebuah kerajaan yang pernah ada di sulawesi selatan, dan merupakan kerajaan bawahan/ taklukan kerajaan gowa.
  5. Agrabinta: berada di Daerah Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur Sekarang wilayah Selatan Jawa Barat pulau Jawa, Kerajaan didirikan pada abad ke-2 Masehi.
  6. Aitoon: kerajaan di pulau Timor Barat.
  7. Ajer Lebu: kerajaan yang lebih kurang merupakan bawahan dari kesultanan Aceh, berada di wilayah Sumatera.
  8. Alita: kerajaan yang berada di wilayah Bugis, Sulawesi Selatan.
  9. Alu:kerajaan yang terletak diwilayah Mandar terdapat di Sulawesi Barat
  10. ... Read more »
Category: Kerajaan-Kerajaan Indonesia | Views: 438 | Added by: Idiway | Date: 2016-12-28 | Comments (0)

Kesultanan Pelalawan atau Kerajaan Pelalawan (1725 M - 1946 M) yang sekarang terletak di Kabupaten Pelalawan, adalah satu dari beberapa kerajaan yang pernah berkuasa di Bumi Melayu yang turut serta berpengaruh dalam mewarisi budaya Melayu dan Islam di Riau. Sedangkan gelar atau sebutan bagi Raja Pelalawan adalah Tengku Besar (Tengkoe Besar).

Kerajaan Pekantua (1380-1505)
Pada awalnya, Kerajaan Pelalawan bernama Kerajaan Pekantua, karena dibangun di daerah bernama Pematang Tuo. Sekarang masuk Desa Tolam, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Setelah berhasil membangun kerajaan, raja pertama Pekantua, Maharaja Indera (1380-1420), membangun Candi Hyang di Bukit Tuo (sekarang wilayah Pematang Buluh atau Pematang Lubuk Emas) sebagai wujud rasa syukur.
Banyaknya barang dagangan yang dihasilkan, terutama hasil hutan, menjadikan Kerajaan Pekantua semakin terkenal, dan secara perlahan mulai menjadi pesaing bandar terpenting di Selat Malaka saat itu, yakni Malaka. Oleh karenanya, Raja Malaka, Sultan Mansyur Syah (1459-1477), berhasrat menguasai Kerajaan Pekantua, sebagai bagian rencana memperkokoh kekuasaan di pesisir timur Sumatera. Di bawah pimpinan Panglima Sri Nara Diraja, Malaka berhasil ... Read more »

Category: Kerajaan-Kerajaan Indonesia | Views: 1159 | Added by: edys | Date: 2016-01-07 | Comments (0)

Berdirinya Kerajaan Larantuka
Kerajaan Larantuka diperkirakan berdiri pada abad ke -13 dan menurut catatan sejarah nasional pada abad ke – 14 kerajaan Larantuka yang meliputi kepulauan Solor termasuk dalam daerah ke – 4 dari wilayah taklukan kerajaan Majapahit. Kepulauan Solor terdiri dari pulau Flores bahagian Timur, pulau Solor , pulau Lembata dan pulau Adonara. Pulau Solor dahulu lebih dikenal karena hasil cendananya sehingga wilayah pulau – pulau ini disebut kepulauan Solor.

Mitos dalam ceritera rakyat menyebutkan bahwa kerajaan Larantuka semula didirikan oleh seorang tokoh perempuan yang bernama Watowele bersama suaminya Pati Golo Arakian yang berasal dari keturunan bangsawan pulau Timor dari kerajaan Wehale yang merupakan tokoh peranakan perempuan bangsawan Jawa dan bangsawan kerajaan Wehale. Kerajaan itu semula lebih dikenal dengani kerajaan Ata Jawa sebelum akhirnya bernama Larantuka.

Watowele merupakan tokoh keramat yang diyakini dilahirkan dari gunung Ilemandiri dan merupakan cikal bakal keturunan satu – satunya dinasti yang memerintah kerajaan Larantuka dan dihormati sebagai keturunan langsung dari gunung atau keturunan Ile Jadi. Baru pada pemerintaha ... Read more »

Category: Kerajaan-Kerajaan Indonesia | Views: 1286 | Added by: edys | Date: 2016-01-07 | Comments (0)