Home » Kaji Qur'an

Bismillahirrahmanirrahim
Dalam nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (QS. Al-Fatihah [1]:1)

Basmallah mempunyai kedudukan yang sangat penting di dalam agama Islam. Di dalam Islam kita diperintahkan untuk selalu memulai pekerjaan dengan membaca basmallah. Bahkan ada satu hadist yang mengatakan bahwa tiap-tiap perbuatan yang baik yang tidak dimulai dengan bacaan basmallah, maka akan terputus keberkahannya.

Satu hal penting yang perlu kita mengerti terkait hal itu adalah bahwa setiap perbuatan itu sangatlah tergantung dari niatnya. Perbuatan yang tergolong baik sekalipun, jika tidak dilakukan dengan sebuah niat yang benar, perbuatan tersebut pun hanya akan menjadi perbuatan yang kehilangan berkah dan bahkan bisa menjadi perbuatan yang sia-sia di mata Allah.

Adanya keharusan mengawali setiap perbuatan dengan membaca basmallah adalah sebagai pengingat agar kita memastikan setiap hal yang kita kerjakan haruslah kita kerjakan dalam nama Allah atau selaras dengan ajaran-Nya. Selaras ... Read more »

Category: Kaji Qur'an | Views: 112 | Added by: nasionalisme[dot]id | Date: 2017-03-30 | Comments (0)

"Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka mengabdi kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rizki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi Aku makan. Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rizki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.” - (QS. Adz Dzariat [51]: 56-58)

Ayat tersebut di atas telah dengan sangat jelas menyampaikan prihal maksud dari penciptaan manusia. Dimana melaluinya kita mengetahui bahwa satu-satunya alasan Allah menciptakan kita manusia adalah untuk mengabdi kepada-Nya saja. Membaktikan diri kita untuk-Nya saja. Dan di tegaskan juga dalam ayat tersebut di atas bahwa Allah sama sekali tidaklah punya kepentingan dari kita dan atas bakti kita itu. Bagi Allah sungguh bersedia atau tidak kita mengabdi kepada-Nya sama sekali tidak akan membuat-Nya merugi. Tidak akan berkurang sedikitpun kemuliaan dan kebesaran-Nya. Kitalah yang mempunyai kepentingan kepada-Nya. Kitalah yang membutuhkan Dia. Membutuhkan rezeki dari-Nya, membutuhkan pertolongan-Nya, membutuhkan penjagaan-Nya, membutuhkan pentunjuk dan tuntunan-Nya serta segala kebutuhan kita lainnya hanyalah bisa kita dapatkan jika Dia menghendakinya. Sungguh tidak ada satupun yang mampu menda ... Read more »

Category: Kaji Qur'an | Views: 121 | Added by: nasionalisme[dot]id | Date: 2017-03-30 | Comments (0)