Home » 2017 » August » 14 » BELAJAR MEMAHAMI PRINSIP KEMERDEKAAN
5:09 PM
BELAJAR MEMAHAMI PRINSIP KEMERDEKAAN

Apakah definisi kemerdekaan menurut kita hanya terlepas dari kondisi dimana kita memiliki kebebasan, atau kehendak bebas terhadap bentuk apapun yang mengekang diri kita tidak bergantung pada apapun atau siapapun. Kemerdekaan dalam bangsa kita bukan hanya terlepas dari penindasan, tanam paksa, dan kerja paksa atau imperealisme dan kolonialisme. kemerdekaan bangsa Indonesia bukan hanya memikirkan kepentingan sendiri, golongan, suku, kelompok, atau hanya bangsanya sendiri. Akan tetapi, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah “KEMERDEKAAN UMAT MANUSIA”.
Kenapa saya bilang kemerdekaan umat manusia?, karena hakekatnya paham kebangsaan kita adalah berdasarkan akan paham “KEMERDEKAAN” yang sudah Tuhan Karuniakan kepada Bangsa dan Negara kita, seperti di dalam Deklarasi / Pembukaan UUD1945. Alinea pertama "BAHWA SESUNGGUHNYA KEMERDEKAAN ITU IALAH HAK SEGALA BANGSA"

Inilah paham KEMEDEKAAN bangsa Indonesia, kemerdekaan itu adalah hak setiap bangsa-bangsa, kemerdekaan itu adalah hak setiap warga negara, dan kemerdekaan itu adalah hak setiap golongan, setiap kelompok dan bahkan setiap individu. Akan tetapi yang harus di garis bawahi adalah bahwa semakin kita memiliki paham kemerdekaan, justru sesungguhnya kita bukanlah orang yang memiliki kebebasan yang sebebas-bebasnya dan tidak boleh berbuat kerusakan. Orang-orang yang sudah memiliki paham kemerdekaan, mereka akan lebih PEDULI, SENSITIVE, EMPATI, TOLERANSI, DAN PENUH DENGAN CINTA KASIH.

Karena mereka melihat bahwa orang lain itu adalah bagian dari dirinya sendiri, sehingga mereka akan berbuat yang terbaik kepada sesama umat manusia. inilah ajaran BHINNEKA TUNGGAL IKA, walaupun kita berbeda-beda, akan tetapi kita adalah satu jua. Merdeka itu bukan hanya terlepas dari penjajahan secara fisik saja, akan tetapi merdeka itu juga dapat di definisikan saling menghormati kemerdekaan setiap warga negara, saling menghormati setiap suku dan adat Istiadatnya, saling menghormati keyakinan orang lain, sehingga dengan saling menghormati kemerdekaan tersebut segala perbedaan yang ada akan diubahlah menjadi persaudaraan.

Dan dengan semangat saling menghormati kemerdekaan itu juga maka, segala perselisihan yang ada karena perbedaan tadi, akan diubahlah menjadi perdamaian. Dan ketika semua orang saling menghormati prinsip kemerdekaan orang lain, maka bangsa Indonesia akan selamat dari jurang kehancuran dan kebinasaan.

Prinsip kemerdekaan inilah yang menjaga bangsa kita dari hal2 yang sama sekali tidak kita inginkan. Kita ingin mewujudkan kehidupan yang damai, aman, nyaman, tentram, dan adil makmur. Caranya adalah dengan kita menjunjung tinggi prinsip kemerdekaan, dan kita dapat hidup rukun di dalam keberagaman inilah yang ingin di wujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita yaitu kehidupan yang berbhinneka tunggal Ika. Memang sudah menjadi ketetapan Tuhan dalam kehidupan ini, segala sesuatunya di dijadikan berpasang-pasangan. Ada laki-laki dan ada perempuan, ada siang dan ada malam, ada baik dan ada buruk, ada benar dan ada salah, ada paham IMPEREALISME dan tentu saja ada paham KEMERDEKAAN !!!

Inilah yang harus kita terima sebagai anak cucu Adam, yang terpenting adalah ketika hari ini kita diarahkan untuk menjadi orang yang baik, maka lakukanlah untuk kebaikan orang banyak. Jangan pernah berfikir untuk saling menyalahkan apa-apa yang sudah menjadi ketetapan, karena sesungguhnya di balik itu semua Tuhan ingin melihat kepada kita semua, siapa yang benar-benar hidup menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan dan kebermanfaatan.

Karena manusia itu bukan dilihat dari pengakuan diri sendiri saja, misalnya saya mengatakan bahwa saya beriman! Karena untuk itu harus ada pembuktiannya terlebih dahulu. Begitu juga dengan bangsa dan negara ini, orang yang bener benar mengaku paling baik maka dia wajib menunjukkan KINERJA DAN KEBERMANFAATAN untuk bangsa dan negaranya ini dengan baik.

Hiduplah dengan memiliki rasa CINTA, Cinta kepada Tuhan, Cinta kepada sesama manusia, cinta kepada Alam semesta, dan cinta kepada apa2 yang di ciptakan Tuhan untuk kita semua. Inilah Esensi dari ajaran BHINNEKA TUNGGAL IKA, bagaimana kita dapat hidup penuh cinta dan memandang bahwa kita semua adalah memiliki satu tujuan yang sama! Inilah Cinta Tuhan Kepada Manusia!! Jangan berpecahan belah. Cara kita memandang suatu benda atau objek kadang berbeda-beda, tergantung dari sudut pandang mana kita melihat benda/objek tersebut! Semakin tinggi atau luas kita memiliki sudut pandang tentu penilaian kita akan apa yang kita lihat juga berbeda.

Begitupun dengan sebaliknya orang atau siapa saja yang memiliki sudut pandang yang sempit/atau pendek, maka akan mempengaruhi penilaiannya juga. Baru-baru ini masih hangat bagaimana setiap kita memiliki cara pandang tersendiri tentang KEBERAGAMAN yang ada di negara kita. Ada yg melihat karena berbeda keyakinannya kita kemudian menilai orang itu A, B, C atau bahkan sampai Z. Dan bahkan langsung memberikan LABEL terhadap orang tersebut dengan SE buatan A, B, C atau juga sampai Z .... Hehehhe

Begitulah kita gampang sekali menilai orang dan gampang sekali menghakimi orang dan lain sebagainya. Tapi tidak kah kita menyadari bahwa mereka juga adalah bagian dari kita, sama-sama manusia dan sama-sama mahluk ciptaan Tuhan yang maha pencipta. Artinya kita semua berasal dari Tuhan yang Maha Esa. Jadi janganlah kita mempermasalahkan perbedaan dan lain sebagainya, tetaplah kita bersatu dalam keberagaman. Bersatu bukan untuk hal-hal yang tidak baik, tapi bersatu untuk mewujudkan kehidupan yang AMAN, DAMAI, TENTRAM DAN JUGA ADIL MAKMUR.

Inilah yang dicita-citakan oleh para pahlawan bangsa kita dan juga para pendiri bangsa kita. Dan ada salah satu pejuang yang selama ini aktif melakukan "Sosialisasi Nasionalisme Indonesia" beliau adalah Mayor.Purn. Margono. Satu persatu pahlawan bangsa meninggalkan kita, tapi semangat perjuangan dan jasanya tidak akan pernah meninggalkan kita. Inilah bukti bahwa Tuhan sayang dengan mereka, karena mereka berjuang untuk bangsa dan negara. Meninggalnya Mayor Purn. Margono, pelajaran buat kita semua. Alangkah indah Tuhan memanggil beliau dengan cara yg indah, tertidur nyenyak di peraduan sang Ilahi. Eyang Margono, semangatmu akan selalu kami lanjutkan dan jasamu akan selalu kami ingat untuk bangsa dan negara ini. Engkau memperjuangkan dan mempertahankan KEMERDEKAAN INI PADA SAAT 10 Nopember 1945 disaat usiamu masih 13 tahun, Engkau berjuang untuk bangsa dan negara ini, demi kami generasi bangsa ini. Karena jasamu dan seluruh pahlawan bangsa, kami hari ini bisa merasakan kemerdekaan. Semoga akan kami jaga selalu NKRI untuk generasi yang akan datang. Selamat jalan Mayor Purn. Margono, semoga Allah memberikan tempat yang terbaik untukmu. Aminnn. Inilah pesan beliau kepada kita semua.
" wahai cucu-cucu ku, jagalah persatuan dan kesatuan bangsa ini, jangan sampai ideologimu terjajah, berkaryalah untuk bangsa dan negaramu! "

Sampai kapanpun kalau kita selalu mempermasalahkan keberagaman yang ada di Indonesia, tidak akan pernah ada selesainya. Karena memang bangsa Indonesia ini sudah di takdirkan oleh Tuhan untuk menjadi bangsa yang beraneka ragam. 

Lalu apakah salah kalau kita sebagai bangsa mengusung konsep hidup di dalam keberagaman?

Lalu siapa yang mau kita salahkan, ketika konsep tersebut belum di pahami dengan baik dan dapat dijalankan?

Semua jawaban itu harus kita jawab dengan hari nurani kita masing- masing!

Kalau konsep hidup di dalam keberagaman ini adalah solusi yang Tuhan berikan kepada bangsa kita, kenapa kita tidak mau menerimanya dan menjalankannya?

Kalau kita sebagai bangsa yang beraneka ragam ini, harus disatukan dengan konsep PENYERAGAMAN, maka kita sebagai bangsa tidak berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahkan kita juga bisa disebut sebagai pembangkang terhadap ketentuan Tuhan.

Bhinneka Tunggal Ika janganlah dilihat dari bahasnya!

Bhinneka Tunggal Ika janganlah di lihat hanya dari maknanya!

Bhinneka Tunggal Ika janganlah di lihat hanya dari siapa yang menciptakan dan dari kitab apa diambil!

Tapi lihatlah ESENSI dan HAKEKAT dari Bhinneka Tunggal Ika yang Tuhan karuniakan kepada bangsa Indonesia. Inilah solusi yang Tuhan berikan sebagai bangsa yang beragam, agar kita dapat hidup menjalankan keyakinan kita masing2 tanpa ada saling paksa dan memaksa antara satu dengan yang lain. Bhinneka Tunggal Ika memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk dapat menjalankan apa2 yg Tuhan karuniakan kepada kita semua dengan baik.

Mari kita jaga Bhinneka Tunggal Ika. Sebagai konsep persatuan di dalam keberagaman di bangsa kita.

Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 121 | Added by: semesta580 | Rating: 4.0/1
Total comments: 0
avatar