Home » 2016 » August » 30 » Bangun Pemudi-Pemuda
6:15 PM
Bangun Pemudi-Pemuda

Bangun Pemudi Pemuda
Ciptaan: Alfred Simanjuntak

 

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

 

Kehadiran lagu "Bangun Pemudi Pemuda" ini secara khusus ditujukan kepada para pemudi dan pemuda Indonesia agar dengan ini lahirlah kesadaran pada diri mereka akan adanya sebuah tanggung jawab yang harus mereka perhatikan dengan sungguh-sungguh. Yaitu tanggung jawab mereka terhadap negara. Tangung jawab untuk turut serta dengan segenap jiwa berbuat sesuatu yang berarti bagi kemajuan dan kejayaan negara Indonesia.

Adanya kesadaran yang tinggi pada para pemudi dan pemuda Indonesia akan tanggung jawab tersebut tentu adalah hal yang amat sangat penting artinya. Bahkan dapat kita katakan bahwa seberapa bagus, besar dan kuatnya negara Indonesia ini sangatlah ditentukan oleh seberapa bagus, besar dan kuatnya rasa peduli dan cinta setiap orang yang menjadi bagian dari negara Indonesia ini, terlebih-lebih para pemudi dan pemudanya. Tentu saja negara ini tidak akan bisa menjadi bagus, besar dan kuat dengan sendirinya. Setiap kemajuan dan keberhasilan negara ini sepenuhnya bergantung dari tiap-tiap butir usaha yang kita lakukan bagi negara ini.

Jadi, sangat penting artinya untuk dimengerti oleh setiap orang yang menjadi bagaian dari negara Indonesia ini, terlebih-lebih lagi para pemudi dan pemuda Indonesia, bahwa tanggung jawab untuk turut serta berkontribusi membangun negara ini adalah merupakan sebuah kewajiban yang melekat pada diri setiap kita. Kita sepenuhnya terikat kepada dharma tersebut sebagaimana terikatnya kita pada kewajiban untuk berbakti kepada ibu yang telah melahirkan kita. Yang dengan itu tentu saja mengabaikan kewajiban ini haruslah kita pandang sebagai sebuah tindakan yang durhaka. Durhaka kepada ibu pertiwi.


Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai putra negri


Selain dari pentingnya keberadaan semangat yang besar pada diri pemudi dan pemuda Indonesia untuk membangun negara ini, hal lain yang amat penting juga yang harus dimiliki oleh para pemudi dan pemuda Indonesia adalah budi pekerti yang luhur. Budi pekerti yang luhur ini adalah instrumen yang amat berhaga untuk menjamin segala upaya yang kita lakukan untuk membangun negara dapat berjalan dengan baik dan efektif. Karena tentu saja tanpa dibekali dengan budi pekerti yang luhur ini, uapaya bersama kita untuk membangun negara akan banyak sekali menemui gesekan dan permasalah yang bahkan datangnya dari diri kita sendiri.

Kemampuan untuk bersikap jujur, ikhlas, bekerja keras tanpa pamrih, berpikir jernih dan berperilaku yang halus adalah beberapa contoh utama dari sikap-sikap yang harus dimiliki oleh pemudi pemuda Indonesia. Sikap-sikap tersebut inilah yang akan membentuk kepribadian yang memungkinkan dapat terwujudnya sebuah sinergi yang baik yang akan melahirkan kecakapan kita bersama untuk mengatasi segala persoalan dan urusan di dalam usaha kita membangun negara ini.

Dan, hanya ketika telah tumbuhnya semangat yang besar serta kepribadian yang luhur pada diri para pemudi dan pemuda Indonesia tercinta inilah kita dapat berharap dengan penuh keyakinan bahwa bangsa dan negara Indonesia ini benar-benar akan dapat menjadi sebagaimana yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa ini. Yaitu menjadi negara Indonesia yang benar-benar merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

 


Category: Lagu-lagu Nasional Indonesia | Views: 487 | Added by: nasionalisme[dot]id | Tags: Lagu Nasional | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar