Home » 2016 » January » 6 » Awal Lahirnya Revolusi Indonesia
9:32 AM
Awal Lahirnya Revolusi Indonesia

Revolusi Indonesia adalah revolusi yang lahir sebagai sebuah bentuk perlawanan atas penjajahan yang di alami bangsa ini. Penjajahan dari bangsa-bangsa lain terhadap bangsa Indonesia telah menyebabkan penderitaan hebat dan berkepanjangan. Penjajahan juga telah membuat bangsa ini terkungkung dalam penindasan dan tidak memiliki sedikitpun kebebasan untuk mengatur dan mengurus sendiri kehidupan kebangsaannya menurut nilai-nilai yang diyakininya. Keadaan yang demikian itulah yang telah membuat bangsa ini memulai sebuah revolusi dengan satu tujuan yang jelas dan bulat yaitu membebaskan diri dari penjajahan. Keinginan untuk mempunyai kehidupan kebangsaan yang bebas, keinginan untuk terlepas sepenuhnya dari eksploitasi dan intervensi bangsa lain, keinginan untuk keluar dari penindasan dan pederitaan serta keinginan untuk dapat membangun kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, inilah hal-hal yang menjadi dorongan utama lahirnya revolusi Indonesia.

Dapatlah kita katakan bahwa lahir dan terbentuknya revolusi Indonesia ini bersifat alamiah adanya. Ia lahir dan terbentuk begitu saja sebagai sebuah reaksi dari terampasnya kebebasan yang sejatinya adalah fitrah setiap manusia. Tentu adalah sebuah keniscayaan dimana tidak ada seorang manusia pun yang senang diperlakukan secara tidak adil. Tidak ada seorang manusia pun yang senang dizalimi oleh manusia lainnya. Bahkan seekor semut saja akan melawan dengan sekuat tenaganya ketika ia tertindas. Jadi revolusi Indonesia ini yang adalah perjuangannya bangsa Indonesia untuk mengembalikan kebebasan kehidupan kebangsaannya yang terampas itu sesungguhnya adalah sesuatu yang fitrati; sesuatu yang suci, diridhoi Tuhan dan bahkan diwajibkan. Bangsa Indonesia memahami betul akan hal ini. Karenanya dalam menjalankan revolusinya; dalam upaya untuk mengusir penjajah dari negeri tercinta ini, bangsa Indonesia berjuang dengan gagah berani dan siap untuk mengorbankan apapun, bahkan nyawa sekalipun.

 

Hikmah besar yang dapat dipetik bangsa Indonesia dari penjajahan panjang yang dialaminya itu adalah bangsa ini menjadi bangsa yang dapat mengenal dan memahami dengan baik akan arti kemerdekaan. Kejam dan pahitnya penjajahan telah membuat bangsa ini mengerti bahwa betapa penjajahan itu adalah hal yang tidak berperikemanusiaan dan berperikeadilan. Mengerti bahwa semestinya tidak boleh ada satu bangsapun yang merasa diri berhak untuk menjajah bangsa lain. Kemerdekaan itu haruslah menjadi hak setiap bangsa. Dari inilah maka kemudian revolusi Indonesia bukanlah hanya sekedar gerakan untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia saja, melainkan juga merupakan suatu upaya untuk menghapuskan penjajahan dari atas dunia ini. Yang dengan itu Revolusi Indonesia menjadilah ia juga sebagai revolusinya umat manusia.

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 745 | Added by: GitaMerdeka | Tags: indonesia, Penjajahan, Revolusi | Rating: 2.5/2
Total comments: 0
avatar