Home » 2017 » August » 16 » APAKAH INDONESIA SUDAH MERDEKA DALAM SEGALA BIDANG?
8:23 AM
APAKAH INDONESIA SUDAH MERDEKA DALAM SEGALA BIDANG?

Bung Karno dalam buku di bawah bendera Revolusi jilid 1 hal 156-157 mengatakan "Di zaman sekarang, di dalam abad kedua puluh, di dalam zaman "kesopanan", di mana imperialisme di Indonesia itu tidak lagi bernama imperialisme-tua tetapi ialah imperialisme-modern-juga di zaman sekarang ini, maka pada hakikatnya politik monopoli itu belumlah dilepaskan oleh imperealisme Belanda itu.

Juga di zaman sekarang ini, maka masih banyaklah monopoli dari zaman Compagni yang masih terus hidup. Imperealisme tua itu mini sudahlah menjelma menjadi imperealisme-modern yang empat macam, adapun imperealisme itu sebagai berikut:


1. Indonesia tetap menjadi levensmiddelengebied (sektor pangan)

2. Indonesia tetap menjadi afzetgebied (pasar)

3. Indonesia tetap menjadi exploitatiegebied (daerah operasi)

4. Indonesia tetap menjadi grondstoffengebied (daerah komoditas)

Bukan modal Belanda saja yang kini mengaut-aut kekayaan rakyat Indonesia dan negeri Indonesia. Bukan modal Belanda saja yang kini berpesta di kalangan rakyat Indonesia dan berdansa di atas bumi Indonesia. Yang kini mengaut-aut kekayaan kita ialah, sejak adanya opendeur-politiek, juga modal Inggris, juga modal Amerika, juga modal perancis-Belgia, juga modal Jepang, juga modal Jerman, juga modal Swis-pendek kata suatu imperealisme internasional yang bermiliar-miliar rupiah jumlahnya dan tenaganya".

Bung Karno: Di bawah bendera Revolusi hal 156-157.

Dapat kita katakan bahwa kenyataannya di zaman kita saat ini seperti itu jugalah apa yang terjadi waktu zaman pak Karno. Oleh karena itu kita segenap Bangsa Indonesia harus benar-benar menyadari bahwa saat inipun kita sebagai bangsa belum benar-benar merdeka secara utuh.

Dari sisi politik kita belum benar-benar merdeka di dunia internasional, bahkan politik kita di dalam nasional sendiri masih sering di interpensi dan di boncengi oleh kepentingan-kepentingan bangsa asing yang melalui oknum-oknum pejabat yang mudah dibeli dengan uang dan kekuasaan.

Dari sisi ekonomi juga demikian, kita sebagai bangsa masih diatur ekonomi kita oleh kebijakan-kebijakan bangsa asing yang memiliki modal sangat besar sehingga mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam menentukan perekonomian bangsa kita sendiri.

Dari sisi sosial kita juga sebagai bangsa yang merdeka masih belum bisa melakukan hubungan yang baik dengan negara-negara yang memang memiliki cita-cita yang sama dengan bangsa kita, bahkan seolah-olah ketika ada suatu bangsa yang akan menjalin kerjasama yang baik dengan bangsa kita dan sama-sama ingin mewujudkan ketertiban dan keteraturan di muka bumi ini justru di halang-halangi oleh para oknum asing yang bercokol di negara kita.

Dan begitu juga dengan budaya bangsa kita, semua media memberikan tayangan-tanyangan yang dengan sengaja di setting untuk menghapus budaya lokal bangsa kita sendiri, banyaknya tontonan yang tidak memberikan tuntunan akhirnya ditauladani oleh para generasi Bangsa Indonesia, salah satunya adalah budaya lokal atau daerah seolah-oleh udah "kuno/jadul" sehingga maindset yang terbangun di alam bawah sadar mereka itu untuk mempelajari warisan budaya bangsa ini dianggap sesuatu yang tidak penting.

Oleh sebab itulah maka kita harus mengembalikan Bangsa ini kepada "Jati dirinya". Orang Indonesia yang berbudaya, yang penuh dengan sopan-santun dan tatakrama di dalam bangsa ini. Karena kita semua adalah dalam perjalanan menuju kepada "dunia baru" tanpa adanya lagi eksploitasi manusia-atas manusia, dan bangsa atas bangsa!.

Cara seperti itu dapat terwujud, apabila seluruh lapisan masyarakat bangsa Indonesia dapat bersatu, berdaulat, dan terwujudnya persatuan di dalam keberagaman yang ada di dalam bangsa kita. Dengan terwujudnya persatuan tersebut maka kita dapat melaksanakan kehidupan di dalam bangsa ini yang bergotong-royong untuk membangun NKRI, demi terciptanya kehidupan yang adil dan makmur untuk seluruh bangsa Indonesia.

Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 82 | Added by: semesta580 | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar