Home » 2015 » June » 6 » APA YANG MESTI KITA PAHAMI DARI PROKLAMASI
4:22 PM
APA YANG MESTI KITA PAHAMI DARI PROKLAMASI

#hal 2

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

 

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 1945
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

 

Kemerdekaan dan kepribadian nasional adalah laksana dua anak kembar yang melengket satu sama lain, yang tak dapat dipisahkan tanpa membawa bencana kepada masing-masing.  ~  Bung Karno


Setidaknya ada tiga hal penting yang mesti kita pahami terkait Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 ini.

Yang pertama adalah bahwa Proklamasi ini merupakan sebuah pernyataan bahwa bangsa Indonesia telah terbebas dari penjajah. Melalui Proklamasi inilah kita menyatakan kepada diri kita sendiri dan kepada seluruh dunia bahwa rakyat Indonesia telah menjadi satu bangsa yang merdeka. Bahwa mulai saat itu bangsa Indonesia bukanlah lagi jajahan atau koloni dari bangsa manapun juga. Bahwa sejak saat dibacakannya Proklamasi tersebut kita telah berdiri sebagai sebuah bangsa yang dapat dengan bebas menentukan nasib bangsanya sendiri tanpa intervesi dari bangsa manapun. Kita akan hidup menurut kepribadian nasional kita sendiri. Kita tidak lagi hidup menurut kepribadian yang didiktekan dan dipaksakan kepada kita. Kita hidup menurut dan dalam kepribadian politk kita sendiri, dalam kepribadian sosial kita sendiri, dalam kepribadian ekonomi kita sendiri dan dalam kepribadian kebudayaan kita sendiri. Kita merdeka untuk menjadi diri kita sendiri dan menjalani hidup menurut kepribadian bangsa kita sendiri.

Yang kedua adalah bahwa Proklamasi ini juga merupakan pernyataan bangsa Indonesia kepada diri kita sendiri dan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia sepenuhnya berlepas dari dunia jajah-menjajah. Karena sebagaimana yang kita ketahui bersama pada masa itu bangsa-bangsa di dunia ini hidup dan membangun bangsanya dengan saling jajah-menjajah satu sama lain. Bangsa-bangsa pada masa itu hidup di dalam budaya imperialisme dan kolonialisme. Karenanya Proklamasi yang bangsa Indonesia nyatakan itu bukanlah saja merupakan sebuah pernyataan telah bebas dari penjajah, tapi juga sekaligus sebuah pernyataan bahwa bangsa Indonesia di dalam kemerdekaannya itu tidak akan berdiri sebagai bangsa penjajah. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang keluar sepenuhnya dari budaya imperialisme dan kolonialisme itu. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang bukan saja tidak mau dijajah oleh bangsa lain, akan tetapi juga merupakan bangsa yang tidak akan pernah mau menjajah bangsa lain.

Yang ketiga adalah bahwa Proklamasi ini juga merupakan pernyataan yang mengakar pada prinsip kemerdekaan yang kita peroleh dari panjangnya penjajahan yang kita alami. Melalui pengalaman panjang hidup di bawah jajahan bangsa lain itulah kita menemukan dan melihat bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. Prinsip kemerdekaan inilah yang telah menggerakan kita untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dan prinsip ini pulalah yang membuat kita tidak kemudian berdiri sebagai bangsa penjajah setelah kemerdekaan kita itu. Bagi bangsa Indonesia tidak ada satu bangsa pun yang boleh untuk menjajah bangsa lain. Setiap bangsa bebas untuk menentukan nasib dan jalan hidupnya masing-masing tanpa intervensi dari bangsa manapun juga. Prinsip kemerdekaan ini pula yang kemudian menjadi prinsip kita dalam menyikapi dan menyatukan keberagaman yang ada pada bangsa Indonesia.

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 442 | Added by: edys | Tags: Proklamasi, Deklarasi, Dwitunggal | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar