Home » 2015 » June » 6 » APA YANG MESTI KITA PAHAMI DARI DEKLARASI
1:29 PM
APA YANG MESTI KITA PAHAMI DARI DEKLARASI

#hal 3

PEMBUKAAN UUD 45

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri-keadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam  Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

 

Declaration of independence kita, yaitu Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, memberikan pedoman-pedoman tertentu untuk mengisi kemerdekaan nasional kita, untuk melaksanakan kenegaraan kita, untuk mengetahui tujuan dalam memperkembangkan kebangsaan kita, untuk setia kepada suara batin yang hidup dalam kalbu rakyat kita.  ~ Bung Karno

Secara garis besar, Deklarasi Kemerdekaan Indonesia ini menjelaskan tentang siapa kita dan mau kemana kita sebagai sebuah bangsa. Deklarasi Kemerdekaan inilah yang memberi arah bagi bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaannya. Memberi arah bagi Proklamasi 17 Agustus 1945. Mengenal siapa kita dan memahami mau kemana kita sebagai sebuah bangsa adalah sebuah keharusan yang mutlak. Untuk dapat memulai langkah kita dengan baik dalam mengisi kemerdekaan yang sudah kita raih tersebut haruslah mutlak kita awali dengan pengenal akan diri kita sendiri. Pengenalan akan jati diri bangsa Indonesia. Pengenalan akan keindonesiaan kita. Tanpa pengenalan yang baik akan diri kita sendiri tentu kita tidak akan dapat melangkah dengan benar. Karena ketepatan dan kebenaran langkah kita akan sangat ditentukan dari seberapa baik pemahaman kita akan diri kita sendiri itu. Mengenal diri sendiri adalah sama dengan mengenali kodrat; mengenali jati diri, mengenali bentuk kejadian; mengenali fitrah penciptaan kita sebagai bangsa. Dari pengenalan itulah kemudian kita menetapkan dan menentukan ukuran-ukuran kebenaran bagi kita bangsa Indonesia. Ukuran-ukuran yang lahir dari dan mengacu pada garis kejadian dan garis sejarahnya bangsa Indonesia sendiri. Ukuran-ukuran inilah yang kemudian kita sebut dengan paham kebangsaan Indonesia atau Nasionalisme Indonesia. Berpijak di atas dasar Paham Kebangsaan atau Nasionalisme kita tersebutlah kemudian kita menyelenggarakan segala kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Itulah kemudian yang menjadi kebenarannya bangsa Indonesia. Kebenaran yang digali dari kenyataan dan kalbunya bangsa Indonesia sendiri. Kita tidak bisa hidup menurut ukuran dari bangsa lain. Setiap bangsa harus hidup menurut kebenaran dan ukurannya masing-masing. Kebenaran untuk suatu bangsa belum tentu sama untuk bangsa yang lain. Karenanya dapatlah kita mengerti kenapa Bung Karno dalam pidato “lahirnya Pancasila” menempatkan kebangsaan pada urutan pertama dalam Pancasila. Namun walaupun kemudian rumusan Pancasila yang telah kita sepakati itu tidak menempatkan kebangsaan sebagai dasar pertama, tapi itu tidaklah menjadi masalah karena sesungguhnya keseluruhan dari Pancasila itu sendiri adalah tentang kebangsaan kita. 

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 340 | Added by: edys | Tags: Proklamasi, Deklarasi, Dwitunggal | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar