Home » 2015 » June » 5 » Alinea 3: Pernyatan Kemerdekaan
3:00 PM
Alinea 3: Pernyatan Kemerdekaan

#hal 6

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Apakah yang hendak dijelaskan oleh alinea 3 ini kepada kita? Alinea 3 ini menjelaskan kepada kita tentang pernyataan kemerdekaan yang telah kita proklamirkan pada 17 Agustus 1945. Dijelaskan darinya bahwa proklamasi yang telah berhasil kita nyatakan pada 17 Agustus 1945 itu adalah dapat terjadi atas berkat rahmat dari Allah yang Maha Kuasa. Ini adalah pengakuan bangsa Indonesia akan kekuasaan Tuhan. Kita menyadari betul bahwa tanpa kehendak-Nya, tanpa rahmat-Nya, kemerdekaan yang kita cita-citakan itu tidak akan pernah dapat terwujud. Hal ini tentu juga menjadi sebuah pesan buat kita bahwa tetaplah harus kita senantiasa menggantungkan urusan berbangsa dan bernegara kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa itu.

Hal kedua yang juga disampaikan melalui alinea 3 ini adalah juga tidaklah dapat dipungkiri bahwa keberhasilan kemerdekaan kita juga adalah karena kita memiliki dorongan yang kuat untuk menjadi sebuah bangsa yang merdeka. Dorongan yang kuat untuk dapat berkehidupan kebangsaan yang bebas. Tanpa dorongan yang kuat itu tentu kemerdekaan itu juga tidaklah kita akan dapat meraihnya. Semangat untuk menjadi bangsa yang merdeka; semangat untuk dapat berkehidupan kebangsaan yang bebas tanpa intervesi bangsa lain inilah yang telah melahirkan perjuangan yang tidak mengenal lelah dan putus asa. Berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus tahun bangsa ini berjuang dan terus berjuang untuk terbebas dari penjajahan tersebut dan akhirnya sampailah juga kita kepada kemerdekaan yang kita rindukan itu. Hal ini tentulah juga menjadi sebuah pesan buat kita bahwa tidak ada satupun kebaikan yang dapat kita peroleh tanpa dorongan yang kuat, perjuangan dan pengorbanan. Maka hendaklah kita tetap memiliki dorongan yang kuat tersebut serta memiliki kemauan untuk berjuang dan berkorban untuk menyelesaikan revolusi Indonesia yang belum selesai ini.

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 429 | Added by: GitaMerdeka | Tags: Proklamasi, Deklarasi, Dwitunggal | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar