Home » 2015 » June » 5 » Alinea 1: Keyakinan Bangsa Indonesia Tentang Kemerdekaan
8:40 PM
Alinea 1: Keyakinan Bangsa Indonesia Tentang Kemerdekaan

#hal 4

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri-keadilan.

Inilah keyakinannya bangsa Indonesia tentang kemerdekaan. Bagi bangsa Indonesia kemerdekaan itu ialah haknya segala bangsa. Dan ini berartinya bahwa dalam pandangannya bangsa Indonesia tidak ada satu bangsa pun di atas dunia ini yang berhak untuk menjajah bangsa lain. Karena itu jugalah kenapa bangsa Indonesia menyatakan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Jadi, harus dihapuskannya penjajahan dari atas dunia ini adalah merupakan konsekuensi dari prinsip kemerdekaan sebagai hak setiap bangsa disamping juga dikarenakan penjajahan itu sendiri merupakan tindakan yang tidak berperikemanusiaan dan berperikeadialan.

Apa yang dinyatakan dalam alinea 1 ini amat penting artinya bagi bangsa Indonesia karena dari prinsip kemerdekaan yang terkandung di alinea 1 inilah segala sesuatu tentang penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia tumbuh mengakar. Prinsip tentang kemerdekaan ini adalah mutiara yang kita temukan setelah mengalami penjajahan yang sangat panjang. Penderitaan hidup di dalam penajajahan bangsa lain selama lebih dari tiga setengah abad membuat kita menyadari satu hal. Menyadari bahwa kemerdekaan itu adalah kehendak yang ada di dalam diri setiap manusia dan setiap bangsa. Tidak ada seorang manusiapun atau satu bangsapun yang bisa menerima penjajahan atas dirinya. Spirit inilah yang membentuk prinsip kemerdekaan ialah hak segala bangsa itu. Spirit inilah yang telah melahirkan Proklamasi Kemerdekaan dan Deklarasi Kemerdekan itu. Spirit ini juga yang kemudian menjadi tujuan dan arah revolusi yang diamanatkan oleh Proklamasi dan Deklarasi Kemerdekaan. Inilah mutiara yang menjadi jawaban atas masalah keberagaman bangsa ini. Keberagaman yang pernah mengkotak-kotakan bangsa Indonesia dalam ratusan kerajaan baik yang bercorak kesukuan maupun yang bercorak keagamaan yang saling memerangi satu sama lain. Keragamaan yang pernah menjadi sebab pertikaian dan peperangan antar suku dan agama. Melalui prinsip kemerdekaan ini kita menemukan jalan untuk menjadikan keberagaman yang kita miliki menjadi sebuah kekuatan yang positif dan bukan sebaliknya.

Bagi dunia pada masa itu, pernyataan sebagaimana tertera pada alenia 1 ini merupakan sebuah pernyataan yang baru dan asing. Karena pada masa itu penjajahan merupakan hal yang lumrah dan terjadi dimana-mana di seluruh belahan dunia. Tidak ada aturan yang menjamin kemerdekan sebagai hak dari setiap bangsa pada masa itu. Perang dan penaklukan merupakan tradisi bangsa-bangsa yang telah berlangsung selama ribuan tahun. Dan pernyataan sebagaimana dinyatakan dalam alinea 1 tersebut merupakan pernyataan yang secara otomatis membatalkan tradisi perang dan penaklukan yang berlaku pada masa itu. Ini merupakan pernyataan yang membatalkan imperialisme dan kolonialisme. Ini merupakan penyataan yang mendasari terbentuknya dunia baru. Sebuah dunia yang sepenuhnya terbebas dari segala bentuk eksploitasi manusia atas manusia bangsa atas bangsa. Dan inilah arah dan tujuan dari Revolusi Indonesia. Ke arah sanalah revolusi Indonesia ini harus bergerak.

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 417 | Added by: edys | Tags: Proklamasi, Deklarasi, Dwitunggal | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar