Home » 2015 » June » 5 » Alenia 2: Visi Kemerdekaan Indonesia
4:54 PM
Alenia 2: Visi Kemerdekaan Indonesia

#hal 5

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Alinea 2 ini menjelaskan tentang arah perjuangan pergerakan kemerdekaan kita atau visi kemerdekaan kita. Di jelaskan dalam alinea 2 ini bahwa visi dari kemerdekaan kita adalah mewujudkan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Telah dengan jelas dirumuskan pada alinea 2 ini langkah demi langkah atau tahapan demi tahapan yang harus dilakukan bangsa Indonesia untuk mewujudkan Negara Indonesia yang adil dan makmur sebagaimana yang diimpiannya itu. Melaui ini kita menjadi mengerti dengan terang bahwa keberhasil kita merebut kemerdekaan dari tangan penjajah bukanlah akhir dari perjuangan kita. Keberhasilan tersebut barulah awal dari rangkaian tahapan yang harus kita perjuangkan. Ada langkah-langkah besar lainnya yang harus kita lakukan untuk sampai pada terwujudnya Negara Indonesia yang adil makmur tersebut. Kita tidak akan pernah sampai kepada Negara Indonesia yang adil dan makmur itu tanpa terlebih dulu mewujudkan Negara Indonesia yang BERSATU dan BERDAULAT.

Setelah keberhasilan kita mewujudkan Negara Indonesia yang merdeka, maka langkah besar berikutnya yang harus kita lakukan adalah mewujudkan Negara Indonesia yang BERSATU. Dan salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa ini untuk mewujudkan Negara Indonesia yang bersatu ini adalah keadaan bangsa kita yang sangat beragam. Kita mempunyai keragaman suku dan keragaman agama yang di masa lalu pernah menjadi sumber perpecahan bangsa ini. Keberagaman kita pernah melahirkan banyak sekali kerajaan-kerajaan yang berdiri menurut corak kesukuan atau menurut corak keagamaan masing-masing. Kerajaan-kerajaan tersebut saling memerangi dan menaklukan satu dengan yang lain selama berabad-abad lamanya. Tapi syukurlah Tuhan Yang Maha Esa mengkaruniakan kita sebuah mutiara perdamaian berupa prinsip kemerdekaan. Prinsip kemerdekaan hak segala bangsa inilah yang juga kemudian menjadi dasar kita dalam membina persatuan dan kesatuan bangsa. Prinsip inilah yang melahirkan konsep pemersatu bangsa Bhineka Tunggal Ika. Konsep pemersatu yang menjunjung tinggi kemerdekaan setiap golongan. Konsep pemersatu yang berdiri di atas landasasan tolerasi yang tinggi terhadap segala perbedaan. Konsep pemersatu yang membingkai segala perbedaan ke dalam kesatuan bangsa, kemanusian dan ketuhanan. Konsep pemersatu inilah yang kemudian ditejemahakan ke dalam sila-sila Pancasila yang kemudian menjadi dasar persatuan bangsa dan dasar negara Indonesia.

Dan jika Negara Indonesia yang BERSATU itu telah berhasil kita wujudkan, maka langkah besar berikutnya adalah mewujudkan Negara Indonesia yang BERDAULAT. Negara Indonesia yang berdaulat ini terwujud manakala kita telah berhasil membentuk satu pemerintahan yang kerakyatan. Pemerintahan yang sepenunya berorientasi kepada kepentingan dan kesejahteraan rakyat. Pemerintahan yang memikul dengan sepenuh hati Amanat Penderitaan Rakyat. Pemerintahan yang mencintai rakyat, memperhatikan kepentingan rakyat, mengabdi untuk rakyat dan yang mendahulukan kepentingan rakyat dari kepentingan dirinya sendiri dan kelompoknya. Namun dapat terwujudnya hal ini sangatlah ditentukan dari seberapa bagusnya persatuan dan kesatuan yang telah kita wujudkan. Dapat dikatakan sesungguhnya bagusnya persatuan dan kesatuan bangsalah yang akan dengan sendirinya melahirkan kedaulatan tersebut. Karena kedaulatan hanya dapat terjadi ketika pemerintah dan rakyat tidak lagi menjadi dua pihak yang berseberangan. Terjadi ketika pemerintah dan rakyat telah menjadi satu kesatuan; pemerintah adalah rakyat dan rakyat adalah pemerintah; dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Dengan terwujudnya persatuan dan kesatuan dan terwujudnya kedaulatan rakyat maka dengan sendirinyalah Negara Indonesia yang adil makmur akan terwujud. Terwujudnya Negara Indonesia yang adil makmur sesungguhnya hanyalah efek saja dari bagusnya persatuan dan kedaulatan kita. Kerenanya menjadi mudah bagi kita untuk mengukur keadaan bangsa kita saat ini melalui rumusan ini. Kita dapat mengetahui telah sebarapa baguskah persatuan dan kedaulatan bangsa kita dengan melihat dan mengukur telah seberapa baguskah kondisi adil dan makmur yang tercipta.

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 563 | Added by: edys | Tags: Proklamasi, Deklarasi, Dwitunggal | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar