Home » Entries archive

Kongres Pemuda II yang berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 1928 haruslah dapat kita sadari dan tempatkan sebagai sebuah momen besar dan amat peting artinya bagi bangsa Indonesia. Dimana Kongres Pemuda II yang biasa kita peringati sebagai hari Sumpah Pemuda ini, dapat kita katakan merupakan titik awal dari terbentuknya bangsa Indonesia. Di sinilah embrio bangsa Indonesia terbentuk; dimana pada momen ini bangsa Indonesia yang diwakili oleh para pemuda dan pemudi dari berbagai daerah, dengan kemaun dan kesadarannya sendiri mengikat sumpah bersama menjadi satu kesatuan bangsa.

Perasaan sebagai satu bangsa memanglah sudah disadari oleh kita orang-orang yang mendiami gugusan kepulauan nusantara ini sejak lama. Orang-orang nusantara sudah saling beinteraksi antar daerah dan pulau satu sama lain sedari dulu. Mereka merasa meskipun mereka berada di kepulauan yang terpisah satu sama lain, namun mereka menyadari bahwa mereka mendiami sebuah gugusan besar kepulauan yang sama. Bahkan sebagaimana yang kita tahu di abad 14, di era kerajaan Majapahit, Gajah Mada seorang patih di kerajaan Majapahit tersebut pe ... Read more »

Category: Garis Waktu Indonesia | Views: 148 | Added by: nasionalisme[dot]id | Date: 2017-03-25 | Comments (0)

<<<sebelumnya......

  1. Mandeo: kerajaan merdeka atau semi-merdeka di Timor Barat.
  2. Manganitu: kerajaan di Sulawesi Utara, didirikan pada 1521 dan menjadi regenschap ("kabupaten") dari 1911 sampai 1950 dengan Manganitu sebagai ibukota.
  3. Manggarai: kerajaan di Pulau Flores, berdiri dari 1759. Dari 1762 s.d. 1815 dan dari 1851 s.d. 1907, Manggarai merupakan bagian dari Kesultanan Bima.
  4. Manggeng: kerajaan bawahan Kesultanan Aceh.
  5. Mangkunagaran: kerajaan seluas 2.579,98 km² yang didirikan pada 17 Maret 1757 di Kasunanan Surakarta.[16]
  6. Manjuto atau Pamuncak Tigo Kaum: kerajaan di daerah ulu, dengan raja bernama Tuanku Magek Bagonjong, pusat kerajaan di Jerangkang Tinggi - Pulau Sangkar, Kerinci Jambi
  7. Manoletten: kerajaan di Timor Barat.
  8. Manubait: kerajaan di Timor Barat.
  9. ... Read more »
Category: Kerajaan-Kerajaan Indonesia | Views: 319 | Added by: Idiway | Date: 2016-12-28 | Comments (0)

Menurut sumber wikipedia.com, kita mendapati ada begitu banyak sekali kerajaan-kerjaan yang pernah berdiri di bumi Nusantara ini. Terdapat ebih dari 800 kerjaan yang pernah ada. Berikut adalah daftar nama kerajaan-kerajaan tersebut:

  1. Aceh: berada di wilayah utara dari pulau Sumatera, kesultanan Achin atau Atjeh didirikan pada akhir abad ke-15.
  2. Adonara: kerajaan yang berada di pulau pegunungan berapi yang bernama pulau Adonara di Kepulauan Sunda Kecil.
  3. Aga Nonsin
  4. Agang Nionjo : adalah sebuah kerajaan yang pernah ada di sulawesi selatan, dan merupakan kerajaan bawahan/ taklukan kerajaan gowa.
  5. Agrabinta: berada di Daerah Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur Sekarang wilayah Selatan Jawa Barat pulau Jawa, Kerajaan didirikan pada abad ke-2 Masehi.
  6. Aitoon: kerajaan di pulau Timor Barat.
  7. Ajer Lebu: kerajaan yang lebih kurang merupakan bawahan dari kesultanan Aceh, berada di wilayah Sumatera.
  8. Alita: kerajaan yang berada di wilayah Bugis, Sulawesi Selatan.
  9. Alu:kerajaan yang terletak diwilayah Mandar terdapat di Sulawesi Barat
  10. ... Read more »
Category: Kerajaan-Kerajaan Indonesia | Views: 379 | Added by: Idiway | Date: 2016-12-28 | Comments (0)

Bangun Pemudi Pemuda
Ciptaan: Alfred Simanjuntak

 

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

 

Kehadiran lagu "Bangun Pemudi Pemuda" ini secara khusus ditujukan kepada para pemudi dan pemuda Indonesia agar dengan ini lahirlah kesadaran pada diri mereka akan adanya sebuah tanggung jawab yang harus mereka perhatikan dengan sungguh-sungguh. Yaitu tanggung jawab mereka terhadap negara. Tangung jawab untuk turut serta dengan segenap jiwa berbuat sesuatu yang berarti bagi kemajuan dan kejayaan negara Indonesia.

Adanya kesadaran yang tinggi pada para pemudi dan pemuda Indonesia akan tanggung jawab tersebut tentu adalah hal yang amat sangat penting artinya. Bahkan dapat kita katakan bahwa ... Read more »

Category: Lagu-lagu Nasional Indonesia | Views: 486 | Added by: nasionalisme[dot]id | Date: 2016-08-30 | Comments (0)

Nama: Abdul Muis
Gelar: Pahlawan Pergerakan Nasional
Dasar Hukum: Kepres No.218 Tahun 1959, tanggal 30 Agustus 1959
Lahir: Kampung Sungai Puar, dekat Bukittinggi, 3 Juli 1883
Wafat: Bandung, 17 Juni 1959
Makam: Bandung


Abdul Muis lahir di Sungai Puar, dekat Bukittinggi, pada tanggal 3 Juli 1883. Ia pernah belajar di STOVIA (Sekolah Dokter), tetapi tidak tamat. Beberapa lamanya ia bekerja sebagai pegawai negeri, kemudian menerjunkan diri di bidang kewartawanan. Karangannya banyak dimuat dalam harian De Express, berisi kecaman terhadap karangan orang-orang Belanda yang sangat menghina bangsa Indonesia. Karena karangan-karangan itu nama Muis mulai dikenal oleh masyarakat. Kegiatan berpolitik dimulai Muis dalam Sarekat Islam. Ia diangkat sebagai anggota Pengurus Besar.

Pada tahun 1913 Pemerintah Belanda bermaksud mengadakan perayaan untuk memperingati seratus tahun bebasnya negeri Belanda dari penjajahan Prancis. Beberapa orang tokoh pergerakan nasional mendirikan Komite ... Read more »

Category: Tokoh-tokoh | Views: 442 | Added by: edys | Date: 2016-08-22 | Comments (0)

Transaksi utang luar negeri tidak bisa dipandang sebagai transaksi utang piutang biasa. Hal ini dibuktikan oleh kehadiran utang luar negeri yang telah berlangsung sejak awal kemerdekaan, kemudian berlanjut pada masa pemerintahan Soeharto dan masih berlangsung pemerintahan Kemerdekaan Indonesia mendapat pengakuan dalam Konferensi Meja Bundar (KMB), setelah pemerintah Indonesia mau menanggung beban utang luar negeri yang dibuat oleh Hindia Belanda. Praktis sejak tahun 1950, pemerintah Indonesia serta merta memiliki utang yang terdiri dari utang luar negeri warisan Hindia Belanda senilai US$ 4 miliar dan utang luar negeri baru Rp. 3,8 miliar.
 
Ketika pemerintahan Soekarno melakukan pembuatan utang luar negeri baru maka pemerintah tidak bisa menghindar dari tekanan pihak pemberi utang. 
 
Tabel Pembuatan Utang Luar Negeri
Category: Sistem Moneter | Views: 540 | Added by: edys | Date: 2016-08-13 | Comments (0)

Peristiwa G30S[3] merupakan salah satu peristiwa sejarah yang paling sering disinggung untuk diluruskan sejarah. Salah satu alasannya adalah peristiwa ini selalu dikaitkan dengan proses naiknya Soeharto menjadi Presiden menggantikan Sukarno. Dan, setelah ia turun jabatan berbagai tuntutan untuk meluruskan sejarah G30S bermunculan. Salah satunya muncul dari para korban politik sang Jenderal Besar semasa berkuasa. Ada tiga alasan yang bisa melatarbelakangi tuntutan tersebut. Pertama, mereka memang ingin meluruskan apa yang sebenarnya terjadi disekitar peristiwa G30S. Kedua, mereka ingin membersihkan nama baik mereka dari stigma-stigma pemberian Orde Baru. Ketiga, mereka yang sakit hati terhadap Soeharto, kemudian ingin “balas dendam” dengan membuka ... Read more »

Category: Sejarah Indonesia | Views: 453 | Added by: edys | Date: 2016-08-13 | Comments (0)

Kisah peradaban Nusantara ini memanglah sebuah kisah yang masih diliputi tabir misteri. Kisah-kisah dan cerita-cerita yang disuguhkan di bangku-bangku pendidikan benar-benar tidak dapat memuaskan kita tentang seperti apakah kisah nenek-moyang kita yang sebenarnya.  Tidak sedikit tentu masyarakat Indonesia yang menunggu terungkapnya cerita tentang peradaban di bumi Nusantara ini. Menunggu tergenapinya potongan-potongan kisah yang masih menjadi sebuah misteri besar selama ini. Tidak sedikit pula kajian-kajian dari berbagai pihak yang terus berusaha mengukap tabir-tabir tersebut. Dan tentu upaya-upaya tersebut amatlah besar artinya bagai peradaban Indonesia ke dapan. Karena kita harus terhubung dengan baik dengan jati diri kita. Dan melalui sejarah yang benarlah kita menjadi tahu bangsa seperti apakah kita ini.

Artikel dibawah ini adalah artikel yang ditulis oleh St Eko Sulistiyono and Ahmad Fauzi, artikel dari sebuah blog https://ahmadsamantho.wordpress.com. Sangat menarik untuk melengkapi kajian kita tentang peradaban Nusantara.


Dengan adanya peta yang diciptakan oleh Ptolomeus dari Yunani (Ptolemy adalah sebuah marga blasteran Yunani-Mesir pada zaman pasca Alexander) pada tahun 150 Masehi, saya yakin bahwa ada manuskrip-manuskrip selain dari orang India yang menceritakan sebuah kepulauan yang mempunyai banyak sumber daya alamnya. Di antaranya a ... Read more »

Category: Sejarah Indonesia | Views: 493 | Added by: edys | Date: 2016-08-13 | Comments (0)

Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid adalah seorang ulama NU yang sangat disegani. Beliau juga pernah menjabat sebagai Presiden RI ke 4 menggantikan Presiden BJ Habibie.

Gus Dur dilahirkan di Denanyar, Jombang-Jawa Timur pada tanggal 4 Sya’ban tepatnya 7 September 1940. Gus Dur terlahir dengan nama Abdurrahman Addakhil, yang berarti Sang Penakluk. Namun kemudian nama beliau diganti menjadi Abdurrahman Wahid. Sedangkan nama panggilannya adalah Gus Dur. Gus artinya mas atau abang.

Gus Dur adalah anak pertama dari enam bersaudara. Beliau terlahir dari kalangan kyai. Kakek dari ayahnya adalah KH Hasyim Asyari seorang ulama terkemuka dan pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia dan Kakek dari ibunya adalah KH Bisri Syansuri.

Ayah Gus Dur adalah KH Wahid Hasyim adalah menteri agama pada tahun 1949 sedangkan ibunya bernama Hj. Sholehah. Gus Dur sendiri masih berdarah Tionghoa, beliau adalah keturunan Tan Kim Han yang menikah dengan Tan A Lok, saudara kandung Raden Patah (Tan Eng Hwa), pendiri Kesultanan Demak. Tan A Lok dan Tan Eng Hwa ini merupakan anak dari Putri Campa, puteri Tiongkok yang merupakan selir Raden Brawijaya V. Tan Kim Han sendiri kemudian berdasarkan penelitian seorang penel ... Read more »

Category: Tokoh-tokoh | Views: 892 | Added by: edys | Date: 2016-08-12 | Comments (0)

Biografi B.J Habibie - Salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia dan juga Presiden ketiga Republik Indonesia, dialah Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas ketika masih menduduki sekolah dasar, namun ia harus kehilangan bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung saat ia sedang shalat Isy ... Read more »

Category: Tokoh-tokoh | Views: 422 | Added by: edys | Date: 2016-08-12 | Comments (0)

« 1 2 3 4 ... 10 11 »