Home » News archive

Dwitunggal

PROKLAMASI DAN DEKLARASI

KEMERDEKAAN INDONESIA

ADALAH PEGANGAN, TUJUAN, FALSAFAH, RAHASIA DAN PENGAYOMAN HIDUP DARIPADA

Revolusi Indonesia

 


“Saudara-saudara kaum revolusioner sejati, kita berjalan terus, ya kita berjalan terus, berjuang terus, kita tidak akan berhenti. Kita berjalan terus, berjalan terus, menuju terus pada sasaran-tujuan seperti diamanatkan oleh Proklamasi 17 Agustus 1945 beserta anak kandungnya yang bernama Deklarasi Kemerdekaan yang tertulis sebagai Mukadim ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 544 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-07 | Comments (0)

#hal 1

Proklamasi 17 Agustus 1945 adalah sebenarnya satu proclamation of independence dan satu declaration of independence. Bagi kita, maka naskah Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah satu. Bagi kita, maka naskah Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tak dapat dipisahkan satu dari yang lain. Bagi kita, maka naskah Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah loro loroning atunggal. Bagi kita, maka proclamation of independence berisikan pula declaration of independence.  ~ Bung Karno

Penting artinya bagi kita untuk memahami dan selalu menempatkan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagai satu kesatuan dengan Deklarasi Kemerdekaan. Sungguh keduanya itu merupakan dua hal yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Keduanya adalah satu kesatuan yang saling menjelaskan. Keduannya seperti sepasang sayap yang saling menopang. Tanpa adanya Deklarasi Kemerdekaan, maka keberadaan dari Proklamasi kita hanya akan menjadi sesuatu yang tidak mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Proklamasi Kemerdekaan akan menjadi sesuatu yang t ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 517 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-06 | Comments (0)

#hal 2

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

 

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 1945
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

 

Kemerdekaan dan kepribadian nasional adalah laksana dua anak kembar yang melengket satu sama lain, yang tak dapat dipisahkan tanpa membawa bencana kepada masing-masing.  ~&n ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 473 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-06 | Comments (0)

#hal 3

PEMBUKAAN UUD 45

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri-keadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian dari pada it ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 381 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-06 | Comments (0)

#hal 4

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri-keadilan.

Inilah keyakinannya bangsa Indonesia tentang kemerdekaan. Bagi bangsa Indonesia kemerdekaan itu ialah haknya segala bangsa. Dan ini berartinya bahwa dalam pandangannya bangsa Indonesia tidak ada satu bangsa pun di atas dunia ini yang berhak untuk menjajah bangsa lain. Karena itu jugalah kenapa bangsa Indonesia menyatakan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Jadi, harus dihapuskannya penjajahan dari atas dunia ini adalah merupakan konsekuensi dari prinsip kemerdekaan sebagai hak setiap bangsa disamping juga dikarenakan penjajahan itu sendiri merupakan tindakan yang tidak berperikemanusiaan dan berperikeadialan.

Apa yang dinyatakan dalam alinea 1 ini amat penting artinya bagi bangsa Indonesia karena dari prinsip kemerdekaan yang terkandung di alinea 1 inilah segala sesuatu tentang ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 455 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-05 | Comments (0)

#hal 5

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Alinea 2 ini menjelaskan tentang arah perjuangan pergerakan kemerdekaan kita atau visi kemerdekaan kita. Di jelaskan dalam alinea 2 ini bahwa visi dari kemerdekaan kita adalah mewujudkan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Telah dengan jelas dirumuskan pada alinea 2 ini langkah demi langkah atau tahapan demi tahapan yang harus dilakukan bangsa Indonesia untuk mewujudkan Negara Indonesia yang adil dan makmur sebagaimana yang diimpiannya itu. Melaui ini kita menjadi mengerti dengan terang bahwa keberhasil kita merebut kemerdekaan dari tangan penjajah bukanlah akhir dari perjuangan kita. Keberhasilan tersebut barulah awal dari rangkaian tahapan yang harus kita perjuangkan. Ada langkah-langkah besar lainnya yang harus kita lakukan untuk sampai pada terwujudnya Negara Indonesia yang adil makmur tersebut. Kita tidak akan pernah sampai kepada Negara Indonesia yang adil dan makmur itu tanpa terlebi ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 602 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-05 | Comments (0)

#hal 6

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Apakah yang hendak dijelaskan oleh alinea 3 ini kepada kita? Alinea 3 ini menjelaskan kepada kita tentang pernyataan kemerdekaan yang telah kita proklamirkan pada 17 Agustus 1945. Dijelaskan darinya bahwa proklamasi yang telah berhasil kita nyatakan pada 17 Agustus 1945 itu adalah dapat terjadi atas berkat rahmat dari Allah yang Maha Kuasa. Ini adalah pengakuan bangsa Indonesia akan kekuasaan Tuhan. Kita menyadari betul bahwa tanpa kehendak-Nya, tanpa rahmat-Nya, kemerdekaan yang kita cita-citakan itu tidak akan pernah dapat terwujud. Hal ini tentu juga menjadi sebuah pesan buat kita bahwa tetaplah harus kita senantiasa menggantungkan urusan berbangsa dan bernegara kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa itu.

Hal kedua yang juga disampaikan melalui alinea 3 ini adalah juga tidaklah dapat dipungkiri bahwa keberhasilan kemerdekaan kita juga adalah karena kit ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 402 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-05 | Comments (0)

Revolusi kita bukan sekadar mengusir Pemerintahan Belanda dari Indonesia. Revolusi kita menuju lebih jauh lagi daripada itu. Revolusi Indonesia menuju tiga kerangka yang sudah terkenal. Revolusi Indonesia menuju kepada Sosialisme! Revolusi Indonesia menuju kepada DUNIA BARU tanpa ‘exploitation de l‘homme par l‘homme’ dan ‘exploitation de nation par nation’.  ~ Bung Karno

Dunia lama; dunia jajah-menjajah; dunia imperialisme dan kolonialisme telah terbukukan dalam catatan sejarah peradaban manusia sebagai sebentuk dunia yang telah banyak menimbulkan kerusakan, penderitaan dan kehancuran bagi umat manusia. Telah nyata bagi kita berbagai kehancuran yang ditimbulkan dari budaya takluk-menaklukan yang berjalan di atas ideologi imperialisme dan kolonialisme ini. Telah pasti buat kita keharusan untuk sesegera mungkin menghentikan dan membersihkan dunia dari budaya dunia lama tersebut. Dari budaya imperialisme dan kolonialisme yang telah berjalan selama ribuan tahun ini. Umat manusia kini telah memasuki sebuah zaman baru. Zaman modernisasi dan global ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 488 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-04 | Comments (0)

#hal 7

Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam  Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Di alinea 4 inilah dijelaskan tentang penyelenggaraan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dimana penyelenggaraan kemerdekaan ini merupakan bentuk dari revolusi Indonesia itu. Yang kesemuanya itu kita jalankan dengan cara membangun sebuah negara. Membangun sebuah negara yang akan ... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 6671 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-02 | Comments (0)

Secara sederhana kedwitunggalan Proklamasi dan Deklarasi dapatlah kita gambarkan dalam kesimpulan bahwa Proklamasi-lah yang telah memberikan kepada kita kemerdekaan dan Deklarasi-lah yang menuntun kita untuk mengisi kemerdekaan tersebut. Proklamasi-lah yang telah memberikan kita ruang terbuka untuk kita mendirikan sebuah bangunan padanya dan Deklarasi-lah yang memandu kita dalam mendirikan bangunan tersebut. Proklamasi-lah yang memberi kita kanvas putih untuk kita lukis dengan indah dan Deklarasi-lah yang mengarahkan kita untuk menghasilkan lukisan yang indah tersebut. Proklamasi-lah yang telah memberi kita jalan menuju apa yang kita cita-citakan dan Deklarasi-lah yang membimbing kita untuk mewujudkan apa yang kita cita-citakan tersebut.

Melalui apa yang disampaikan oleh Bung Karno berikut ini kita dapat sekali lagi melihat dan memahami kedwitunggalan dari Proklamasi dan Deklarasi Kemerdekaan.

“Sekali lagi, semua kita, terutama sekali semua pemimpin-pemimpin, harus menyadari sangkut-paut antara Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar ’45:

... Read more »

Category: Nasionalisme Indonesia | Views: 365 | Added by: GitaMerdeka | Date: 2015-06-01 | Comments (0)

« 1 2 ... 8 9 10 11 12 13 14 »