Home » 2017 » August » 13

Bagaimana mungkin kita dapat mengamalkan bhinneka tunggal ika, kalau kita belum paham persatuan. Bicara persatuan itu adalah bicara "satu" tubuh/individu yang menyadari akan hakekat hidup di dalam wujud yang beragam, dan kemudian menyadari akan asal muasal penciptaan manusia yang telah Tuhan wujudkan dalam satu manusia yaitu Adam as, yang pada saat Adam berada di surga merasa sendirian kemudian Tuhan tahu kegelisahan hati Adam dan menciptakan dari tulang rusuk se belah kiri Adam.

Kemudian dari Adam itulah hadir seorang bunda Hawa yang menemani Adam di surga, hanya karena bujukan dan rayuan "iblis" maka Hawa di bujuk untuk meminta Adam memberikan dan memakan sesuatu yang dilarsng oleh Tuhan sehingga akhirnya Adam dan Hawa diturunkan oleh Tuhan ke Dunia ini. Dari Adam dban Hawa inilah kemudian berkembang biak menjadi manusia-manusia yang bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling kenal-mengenal. Semua kitab suci agama-agama menceritakan hal yang sama, hanya nama-namanya saja yang berbeda-beda dalam penyebutan sejarahnya. 

Disinilah kita harus menyadari bahwa sejatinya "manusia itu satu" dan Tuhan yang menciptakan nya adalah Tuha ... Read more »

Category: Belajar Dari Bung Karno | Views: 37 | Added by: rahmansemesta | Date: 2017-08-13 | Comments (0)