Home » 2017 » August » 5 » 8. Escape from the bondage of "home”
2:56 PM
8. Escape from the bondage of "home”

8. Escape from the bondage of "home”
Janganlah diperbudak oleh keterikatanmu

Ayat ini tidak dimaksudkan bagi para pengecut. Mereka yang tidak bernyali dan tidak berani menghadapi tantangan hidup menggunakan ayat ini untuk membenarkan pelarian mereka dari tantangan dan tanggung jawab. Ayat ini ditujukan kepada para pemberani. Kepada mereka yang berani menghadapi segala tantangan hidup.

Pesan Sang Acharya, Sang Guru Besar yang mengajar dari pengalaman sendiri amat jelas: Bebaskan dirimu dari keterikatan: Janganlah kamu diperbudak oleh keterikatanmu, karena keterikatan dalam bentuk apapun sudah pasti berakhir dengan duka.

Yang dimaksud adalah keterikatan pada pengalaman tertentu ; keterikatan pada benda-benda tertentu; keterikatan pada orang-orang tertentu.

Ada yang pernah bertanya; "Bagaimana dengan keterikatan kepada Tuhan? Apakah itu pun harus dilepaskan?” Pertanyaan seperti ini tidak relevan, dan inipun hanya permainan ilusi. Tidak ada urusan ikat mengikat antara bulan dan rembulan, antara kelembuatan dan air, antara panas dan api, antara gerakan dan angin. Keberadaan manusia semata karena Yang Maha Ada, karena Sang Keberadaan.

Hubungan manusia dengan Tuhan bukan karena keterikatan. Manusia ada karena "keberadaan” Tuhan. Keberadaan Tuhan "terasa” karena adanya manusia. Rembulan ada karena "keberadaan” bulan. Keberadaan bulan "terasa” karena rembulannya. Manusia tidak bisa terikat dengan Tuhan, pun tidak tergantung pada Tuhan,karena keterikatan dan ketergantungan hanya akan memisahkan dirinya dari Tuhan. Ia ada karena Tuhan.

"Janganlah diperbudak oleh keterikatanmu” berarti "Janganlah berhenti mengalir”. Mengalirlah terus, berjalanlah terus, berkaryalah terus, janganlah engkau duduk diam.

Janganlah terikat dengan dunia benda, dengan timbunan harta yang telah Anda kumpulkan, dengan kawan dan lawan, dengan keluarga dan kerabat. Gunakan apa yang telah diberikan kepada Anda tanpa keterikatan. Cintai keluarga Anda tanpa keterikatan. Hadapilah musuh-musuh Anda tanpa rasa benci, karena kebencian pun merupakan salah satu bentuk keterikatan. Kebencian pun dapat memperbudak dan melemahkan jiwa.

Category: 5 Steps to Awareness | Views: 48 | Added by: GitaMerdeka | Tags: Pencerahan, Kesadaran, Spiritual | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar