Home » 2017 » August » 5 » 6. Recognize that the pleasures of sense-objects (samsaar) are riddled with pain
3:03 PM
6. Recognize that the pleasures of sense-objects (samsaar) are riddled with pain

6. Recognize that the pleasures of sense-objects (samsaar) are riddled with pain
Ketahuilah bahwa segala kenikmatan yang kau peroleh lewat inderamu diselimuti oleh duka

Inilah penyebab dosa. Inilah sebab kesalahan dan kekhilafan. Mempercayai kenikmatan yang kita peroleh lewat indera, dan menganggap kenikmatan itu menghasilkan suka adalah kesalahan atau kesalahpahaman kita.

Kenikmatan yang diperoleh lewat indera adalah hasil interaksi kita dengan hal-hal di luar diri, dengan pemicu-pemicu luaran. Tanpa pemicu itu, tidak ada kenikmatan. Panca indera sendiri tidak dapat menghasilkan sesuatu tanpa pemicu, atau intervensi dari pihak lain.

Karena itu, segala kenikmatan yang diperoleh lewat panca indra tidak mungkin bertahan lama. Sesaat ada, sesaat lagi tidak ada. Saat ini suka, sesaat kemudian duka; bahagia dan sengsara; tawa dan tangis. Demikianlah satu pengalaman menggantikan pengalaman yang lain. Inilah samsaara, pengulangan yang tak berkesudahan. Kata ‘sengsara’ dalam bahsa kita berasal dari samsaara, pengulangan yang menjenuhkan, membosankan, menyengsarakan. Alhasil; duka, duka dan hanya duka. Lambat laun pengalaman sukapun tak dapat membahagiakan, karena kita sadar bahwa ia berlangsung sesaat saja.

Kalau begitu, apa yang sepantasnya kita cari ? Jawabannya....

Category: 5 Steps to Awareness | Views: 45 | Added by: GitaMerdeka | Tags: Pencerahan, Kesadaran, Spiritual | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar