Home » 2017 » August » 5 » 4. Renounce all desires in the mind
3:07 PM
4. Renounce all desires in the mind

4. Renounce all desires in the mind 
Bebaskan pikiranmu dari segala macam keinginan

 

Bukan saja keinginan untuk mendapatkan kedudukan dan ketenaran di dunia, keinginan untuk; memperoleh kapling di surga pun masih keinginan; keinginan untuk mati syahid pun keinginan; keinginan untuk menemukan Tuhan pun keinginan. Sesungguhnya keinginan-keinginan kita itu justru memisahkan kita dari-Nya. Keinginan untuk menemukan Tuhan justru menghilangkan Tuhan dari hidup kita, karena kita tidak dapat menemukan sesuatu yang tidak hilang. Hilangnya Tuhan dari hidup kita betul-betul karena keinginan kita untuk menemukan-Nya. Ajaib!
 
Bagaimana kita dapat mempersembahkan sesuatu kepada Tuhan, bagaimana sembah sujud kita dapat diterima oleh-Nya, bagaimana ibadah kita memperoleh makna, bila semua itu kita lakukan dengan keinginan untuk memperoleh imbalan!
 
Persembahan haruslah tanpa pamrih. Ibadah haruslah untuk memuliakan-Nya. Sujud semata-mata karena terpesona oleh kebesaran-Nya.
 
Kendati demikian, jangan menjadikan semua ini persoalan agama semata. Terjemahkan semuanya dalam keseharian hidup. Bekerja bukan untuk memperkaya diri, tetapi karena dunia ini adalah sebuah perusahaan milik-Nya. Kita senang dan bahagia karena memperoleh kesempatan sebagai pekerja. Tiba-tiba atasan kita pun berubah menjadi wakil-Nya. Dan, ketakadilan yang selama ini kita rasakan lenyap dalam sekejap. Apapun terjadi atas kehendak-Nya. Apalagi yang harus dikeluhkan ?
 
Berkaryalah dengan penuh semangat, dan yakinilah kebijakan-Nya. Ia tahu persis apa yang kita butuhkan, apa yang baik bagi diri kita. Ia akan melengkapinya sendiri tanpa kita minta. Jangan ragu, jangan bimbang, janganlah sekali-sekali menyangsikan hal ini.
 
Keraguan kita, kebimbangan kita, kesangsian kita adalah dosa terbesar. Itulah kesalahan kita yang terbesar. Karena dalam keraguan itu kita menyangsikan kebijaksanaan-Nya; karena dalam kebimbangan itu kita tidak percaya ketentuan-Nya bagi kita.

Category: 5 Steps to Awareness | Views: 60 | Added by: GitaMerdeka | Tags: Pencerahan, Kesadaran, Spiritual | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar