Home » 2016 » August » 30 » 39. EXPERIENCE AND EXHAUST “PRAARABDHA”, THE FRUITS OF PAST ACTIONS
5:53 PM
39. EXPERIENCE AND EXHAUST “PRAARABDHA”, THE FRUITS OF PAST ACTIONS

39. EXPERIENCE AND EXHAUST “PRAARABDHA”, THE FRUITS OF PAST ACTIONS
Alami dan habisilah “Praarabdha”, hasil dari perbuatanmu di masa lalu

Suka dan duka, panas dan dingin, ketenangan dan kegelisahan — apa saja yang tengah kita alami saat ini adalah karena tindakan kita di masa lalu. Inilah Praarabdha yang harus kita terima, kita alami, dan kita lewati.

Tidak perlu menyombongkan diri atas keberhasilan kita hari ini. Keberhasilan kita hari ini adalah kerja keras kita kemarin. Tidak perlu juga berkecil hati atas kegagalan yang menimpa diri kita hari ini, karena kita masih bisa berbuat baik untuk memastikan hasil yang lebih baik di masa depan.

Pengalaman suka dan duka, apapun yang sedang kita alami saat ini, sedang berlalu. Saat ini masih ada, sesaat kemudian sudah lewat. Apa yang kita gelisahkan dan khawatirkan ? Apapula yang kita banggakan dan sombongkan ?

Alami dan habisilah praarabdha … berarti, terimalah suka sebagai suka dan duka sebagai duka. Positif sebagai positif, dan negatif sebagai negatif. Bila kita berpikir positif melulu dan menolak negatif, atau dalam keadaan dukapun cengengesan cengar cengir seperti orang tidak waras, kita akan menolak praarabdha. Kita menolak pelajaran yang hendak diberikannya. Kalau demikian, pengalaman itu akan terulang lagi, terulang lagi hingga pada suatu ketika kita memetik pelajaran dari pengalaman itu.

Inilah sebabnya, saya bolak balik mengingatkan untuk berhenti berfikir positif. Dengan memaksakan pikiran positif, kita tidak pernah belajar dari pengalaman-pengalaman negatif. Taruhlah pengalaman negatif penuh duka itu tidak membuat kita gelisah karena pikiran positif yang kita paksakan, tapi jangan lupa duka yang kita tolak itu akan kembali menimpa kita, karena kita telah menolak pelajaran yang hendak disampaikannya. Kau tidak naik kelas.

Terimalah praarabdha dengan senyuman, dengan penuh semangat dan keberanian. Tidak perlu cengengesan berlebihan. Dan, tidak perlu cemas.

Category: 5 Steps to Awareness | Views: 161 | Added by: nasionalisme[dot]id | Tags: Pencerahan, Kesadaran | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar