Home » 2017 » August » 5 » 2. Perform diligently the duties (karma) ordained by them
3:11 PM
2. Perform diligently the duties (karma) ordained by them

2. Perform diligently the duties (karma) ordained by them 
Laksanakan dengan baik apa saja yang dianjurkan olehnya

 

Berarti : Bertindaklah sesuai dengan pengetahuan sejati itu, sesuai dengan potensi diri, sesuai dengan kemampuan; dan jagalah kesucian setiap tindakan.

Ada dua hal yang sangat penting dalam ayat ini. Pertama, bertindaklah sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh Veda, oleh pengetahuan sejati yang berasal dari dalam diri anda jua. Dalam bahasa modern, dalam bahasa Stephen Covey misalnya, "Ikutilah Suara Hatimu”. Sebelumnya agama-agama sudah menganjurkan supaya Suara Nurani selalu diperhatikan. Bahkan diutamakan, karena itulah Suara Allah, Itulah Pesan Keberadaan bagi kita.

Ke dua, laksanakan dengan baik. Tidak cukup menjaga "kesucian” setiap tindakan. Tidak cukup pula memastikan "kebaikan” setiap tindakan. Setiap tindakan yang baik dan suci pun masih harus dilaksanakan dengan baik.

Kita harus memiliki kemampuan dan keahlian untuk itu. Tidak bisa sembrono, tidak bisa melakukan sesuatu hanya karena harus melakukannya, hanya karena ada kewajiban untuk itu, hanya karena di bayar atau di gaji untuk itu. Tidak bisa. Laksanakan dengan baik, dengan sebaik mungkin cara!

Hal pertama terkait dengan sifat tindakan, hal ke dua terkait dengan cara bertindak.

Allah memang Maha Suci dan Maha Baik adanya, namun mampukah kita merasakan kesucian-Nya setiap saat? Mampukah kita menerjemahkan kebaikan-Nya dalm hidup sehari-hari?

Bagaimana menentukan apa yang suci dan apa yang tidak … bagaimana memastikan apa yang baik dan apa yang tidak?

Jadikan Tuhan sebagai yardstick, sebagai tolok ukur. Jadikan Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang sebagai Penentu dan Penilai setiap tindakan. Dengan cara apa ?

Dengan cara:

Category: 5 Steps to Awareness | Views: 59 | Added by: GitaMerdeka | Tags: Pencerahan, Kesadaran, Spiritual | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar