Home » 2016 » November » 14 » 29. ENDURE ALL THA PAIRS OF OPPOSITES: HEAT ANDA COLD, AND THE LIKE
6:01 PM
29. ENDURE ALL THA PAIRS OF OPPOSITES: HEAT ANDA COLD, AND THE LIKE

29. ENDURE ALL THA PAIRS OF OPPOSITES: HEAT ANDA COLD, AND THE LIKE
Terimalah setiap pasangan pengalaman yang tampak bertentangan: panas-dingin, dan lain sebagainya

Ada yang suka panas, ada yang suka dingin. Yang suka panas menolak dingin. Yang suka dingin menolak panas. Orang bule mencari panas di Kuta. Orang timur mencari dingin di Kintamani.

Mereka yang berkulit putih, setengah matang, mencari kulit yang matang. Mereka yang berkulit hitam, hangus, mencari kulit putih yang setengah matang.

Demikianlah keadaan kita. Kita mencari salah satu dari setiap pasangan pengalaman; salah satu yang kita sukai. Mahaguru Shankara mengajak kita untuk menerima setiap pengalaman seutuhnya. Suka tanpa duka tidak utuh. Panas tanpa dingin tidak utuh. Hitam tanpa putih tidak utuh.

Penerimaan semacam ini membebaskan kita dari rasa kecewa, karena suka tidak bisa eksis tanpa duka. Tumpukan duka yang makin tinggi itulah yang kemudian runtuh dan menciptakan kelegaan, atau suka. Kemudian, bila sukapun menumpuk terus, kita menjadi jenuh dan mengalami duka.

Dibalik rasa kecewa ada rasa tidak puas,,,,, rasa tidak puas karena mengalami sesuatu yang tidak kita sukai. Kita lebih suka dengan pasangan pengalaman tersebut. Kita suka panas, tetapi mengalami dingin, maka kita tidak puas, kecewa, gelisah, marah.

Bila kita menyukai setiap pasangan pengalaman, tak ada lagi ketakpuasan dan kekecewaan. Tidak ada pula kegelisahan atau amarah. Kita suka panas, tapi suka dingin juga. Kita suka asin, tapi suka tawar juga. Kita suka manis, tapi suka pedas juga. Dengan demikian, gugurlah suka dan duka,,,,, yang tersissa hanyalah Kebahagiaan !

Mahaguru Shankara sedang menuntun kita di jalan menuju Kebahagiaan Abadi, Kebahagiaan Sejati, maka terminal kenikmatan dan kelezatan sesaat harus ditinggalkan.

Terimalah hidup ini seutuhnya. Terimalah setiap pengalaman hidup sepenuhnya tanpa kecuali.

Category: 5 Steps to Awareness | Views: 150 | Added by: nasionalisme[dot]id | Tags: Pencerahan, Spiritualitas | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar