Home » 2016 » November » 14 » 22. RENOUNCE PRIDE
6:11 PM
22. RENOUNCE PRIDE

22. RENOUNCE PRIDE
Lepaskan kesombongan 

Menyombongkan diri kepada anak-anak TK: "He, kalian tolol — lihat aku mahasiswa, kalian masih belajar ABC,” — untuk apa ?

Bertanyalah pada diri sendiri, "Untuk apa ? Untuk apa menyombongkan kemahasiswaanku di hadapan anak-anak TK ?”

Menyombongkan diri di hadapan mereka hanya akan membuat mereka gusar. Mereka malah tidak akan mendengarkan apa yang hendak kita sampaikan kepada mereka. Terimalah kekanakan mereka. Paling banter kita bisa menjelaskan sedikit tentang materi SD kepada mereka. Untuk apa membicarakan materi Universitas ?

Apa yang kita sombongkan ? Apa yang perlu disombongkan ? TK adalah masa lalu kita juga. Sebagaimana universitas adalah masa depan mereka. Hanya beda waktu dan jarak. Kita telah menmpuh jarak itu, mereka sedang menempuhnya.

Apa yang kita sombongkan ? Apa yang perlu disombongkan ? Penampilan, badan, pengetahuan, kedudukan, ketenaran — semuanya akan tertinggal di dunia ini.

Apa yang kita sombongkan ? Pengaruh serta kekuasaan di dunia inipun tidak absolut, tidak mutlak. Seorang presiden negara adidaya pun kembali menjadi warga negara biasa setelah masa jabatannya berakhir.

Para diktator superkuasapun akhirnya lewat begitu saja. Tidak ada orang tua yang memberi nama Hitler atau Judas atau Abu Jahl atau Rahwana kepada anak mereka. Bila mereka yang di zamannya di anggap mahadaya saja lewat tanpa meninggalkan bekas, siapa diri kita ? Satu-satunya bekas yang mereka tinggalkan barangkali sekadar peringatan: Waktu mengawali dan mengakhiri semua.

Category: 5 Steps to Awareness | Views: 168 | Added by: nasionalisme[dot]id | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar