Home » 2016 » November » 29 » 16. LISTEN IN DEPTH THE UPANISHADIC DECLARATIONS
3:22 PM
16. LISTEN IN DEPTH THE UPANISHADIC DECLARATIONS

16. LISTEN IN DEPTH THE UPANISHADIC DECLARATIONS
Dengarkanlah pernyataan-pernyataan Upanishad

Kitab-kitab yang biasa disebut Upanishad, belasan dari ratusan yang pernah ada, merupakan "hasil dari upanishad”. Kitab-kitab itu bukanlah upanishad. Upanishad berarti "duduk bersama”. Duduk bersama mereka yang telah melihat, telah menyaksikan Kebenaran.

Banyak yang tahu tentang Kebenaran ; banyak pula yang bicara tentang-Nya, namun duduk bersama mereka tidak bisa disebut upanishad. Mereka belum "melihat” Kebenaran. Mereka belum "menyaksikan”-Nya. Sia-sia saja bila kita duduk bersama mereka. Pernyataan-pernyataan mereka tak akan membantu kita.

"Pernyataan Upanishad” adalah "Pernyataan mereka yang telah menyaksikan Kebenaran”. Mereka yang telah menyaksikan Kebenaran disebut Rishi — Ia yang telah melihat. Mereka bukanlah monopoli satu kebudayaan. Mereka tidak hanya lahir dalam masyarakat tertentu atau di negara tertentu. Para Rishi atau Resi adalah Manusia Allah, Manusia Dunia. Mereka adalah Warga Semesta. Isa adalah Rishi, Muhammad adalah Rishi. Masih ingat deklarasi Sang Nabi, "Aku telah Menyaksikan …..”

"Aku telah menyaksikan Ia Yang Tak Terlihat. Aku telah merasakan kehadiran Ia Yang Maha Hadir adanya.” Para Rishi memiliki pengalaman pribadi. Jiwa mereka telah terbakar oleh pengalaman itu, maka duduk bersama mereka kita pasti akan ikut terbakar. Setidaknya hangus sedikit. Saat itu, saat jiwa kita hangus terbakar, kita mendengar pernyataan-pernyataan yang mencerahkan itu:

Ia menyelimuti Semesta. Semesta berada di dalam-Nya. Termasuk dirimu, kaupun berada didalam-Nya. Tak ada sesuatu di luar Dia. Yang ada hanyalah Dia — Dia, Dia, Dia, Dia …..

Category: 5 Steps to Awareness | Views: 178 | Added by: nasionalisme[dot]id | Tags: Pencerahan, Spiritualisme, Kesadaran | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar