Home » 2017 » April » 12 » 12. ESCHEW ALL DESIRE-RIDDEN ACTIONS
9:27 PM
12. ESCHEW ALL DESIRE-RIDDEN ACTIONS

12. ESCHEW ALL DESIRE-RIDDEN ACTIONS
Hindari segala kegiatan dengan tujuan untuk memperoleh sesuatu

Berkaryalah tanpa pamrih, tanpa memikirkan hasil akhir. Saat berkarya, bila kita memikirkan hasil akhir melulu, kesadaran kita sudah pasti terbelah. Banyak energi yang terboroskan, sehingga kebutuhan energi untuk menyelsaikan pekerjaan dengan baik tidak terpenuhi. Hasilnya pun kurang baik. Karena itu janganlah memboroskan energi dengan memikirkan hasil akhir. Pusatkan seluruh kesadaran pada apa yang sedang kita lakukan, pada karya itu sendiri, maka hasilnya sudah pasti baik.

Seorang pengabdi tidak pernah memikirkan hasil akhir. Ia sudah puas dengan kesempatan untuk mengabdi yang diperolehnya. Ia sadar sepenuhnya bahwa setiap aksi menghasilkan reaksi yang setimpal; reaksi dengan proporsi dan kekuatan yang sama seperti aksi yang menyebabkannya. Karena itu untuk apa memikirkan hasil akhir ?

Seorang anak kecil perlu diiming-imingi dengan hadiah dan gula-gula supaya ia menyelesaikan pekerjaan rumah. Seorang dewasa tidak membutuhkan iming-iming seperti itu. Ia melaksanakan tugasnya; Ia menunaikan kewajibannya atas kesadaran sendiri.

Seorang saadhaka, seorang true seeker, pencari sejati tidak membutuhkan iming-iming surga dan gula-gula peri berdada telanjang untuk meneruskan pencariannya. Ia sudah puas dengan kenikmatan yang diperolehnya dari pencarian itu sendiri.

Category: 5 Steps to Awareness | Views: 122 | Added by: nasionalisme[dot]id | Tags: Pencerahan, Spiritualitas, Kesadaran | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar