Home » 2017 » April » 12 » 11. Cultivate the virtues such as shaanti, etc.
9:33 PM
11. Cultivate the virtues such as shaanti, etc.

11. Cultivate the virtues such as shaanti, etc.
Kembangkan nilai-nilai luhur seperti kedamaian dan lain-lain

Shankara memberikan ciri-ciri seorang pengabdi. Ia adalah orang yang tenang dan telah berdamai dengan dirinya, maka ia dapat berkarya dengan tenang. Ia dapat bekerja dengan damai dan dapat menyebarluaskan ketenangan dan kedamaian yang dialami dan dirasakannya.

Banyak hal yang amat bernilai seperti kebenaran, kebajikan, kasih, dan lain-lain, namun Shankara hanya menyebut salah satu di antaranya secara spesifik. Kenapa? Karena, ia adalah ahli ilmu jiwa. Ia yakin bahwa jiwa yang damai akan menemukan sendiri nilai-nilai luhur lainnya.

Jiwa yang damai tidak terbujuk oleh kepalsuan, karena kepalsuan tidak pernah mendamaikan. Jiwa yang damai tidak mengenal kejahatan, karena kejahatan merusak kedamaian. Jiwa yang damai tidak bisa membenci, karena kebencian menyisihkan kasih dari hati.

Jiwa yang damai adalah jiwa yang telah bersentuhan dengan Kebenaran, dengan Kasih, dengan Yang Maha Bajik dan Bijak. Kepercayaan Shankara pada kedamaian sungguh luar biasa. Ia melihatnya sebagai lahan basah dan subur di mana tumbuh-tumbuhan air akan tumbuh sendiri. Tidak ada sesuatu yang mesti dilakukan lagi. Just sit and watch it grow, duduk dan saksikan pertumbuhan nilai-nilai di dalam diri. Syaratnya hanya satu; pastikan bahwa lahan jiwa kita basah. Hati kita berlembab karena damai, karena kedamaian.

Kita bisa bicara panjang lebar tentang nilai-nilai lain, tentang apa saja yang bisa tumbuh. Tapi, tidak. Kita tidak akan membicarakannya. Kita menghormati pemahaman serta Kesadaran Mahaguru. Kedamaian, titik. Nilai-nilai lain, "yang lainnya” itu akan tumbuh sendiri bila hati kita sudah damai. Bila jiwa kita sudah damai.

Category: 5 Steps to Awareness | Views: 99 | Added by: nasionalisme[dot]id | Tags: Pencerahan, Spiritualitas, Kesadaran | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar